Tips Negosiasi : inilah 5 Tipe Boss Dan Cara Menghadapi Mereka

boss

Bekerja disebuah institusi atau perusahaan,  pasti kamu akan berhadapan dengan seorang boss yang akan sangat berpengaruh pada produktifitas, kenyamanan dan karir. Sudah seharusnya kamu mempelajari tentang tipe-tipe boss. Jika kamu tahu tipe bossmu, itu akan lebih memudah dalam melakukan negosiasi denganya. Simaklah beberapa tipe boss yang mungkin akan kamu temukan dan cara menghadapi mereka.

1.    Terlalu Cuek
Boss dengan sifat ini cenderung tidak peduli dengan apa yang dikerjakan oleh anak buahnya. Jika anak buahnya cenderung perlu arahan, perlu bimbingan dan kurang berinisiatif, maka pekerjaan tidak akan terselesaikan secara baik. Ciri-ciri boss ini biasanya sibuk dan berkutat dengan komputernya sendiri, lebih sering menyendiri dan sibuk di dalam ruangannya sehingga jarang berkomunikasi dengan bawahannya.

Cara mengatasinya: Kamu harus mandiri dan bertanggung jawab atas pekerjaan yang kamu selaikan. Karena boss  tidak akan membimbing saat kamu mengalamia kesulitan dalam bekerja. Dan jika kamu memiliki masalah dengan pekerjaan carilah orang yang mengerti dan akan memberikan kamu solusi.

2.    Sahabat
Boss dengan tipe ini sangat menyenangkan karena bisa diajak kerjasama. Kamu bisa membahas rencana perusahaan denganya secara akrab. Namun, jangan sampai kedekatan itu membuat atasan mengenal kepribadian kamu lebih mendalam. Apalagi jika si boss tidak lagi menganggap kamu karyawan atau memiliki perasaan yang lain terhadap kamu. Hal tersebut bisa menjadi bencana yang mengancam karir suatu hari nanti kalau terjadi sesuatu di antara kalian.

Cara Menanganinya: Berikan batasan dalam menghadapi atasan yang bertipe sahabat. Pisahkan antara kehidupan pribadi dengan pekerjaan. Dengan begitu, semua akan berjalan dengan seimbang.

3.    Boss Narsis
Ciri boss tipe ini suka tersenyum, ramah dan bisa mengobrol mengenai segala macam topik. Dia juga sangat kharismatik dan populer, dan suka mengikuti tren terbaru. Tetapi saat ada masalah atau saat pekerjaan menumpuk, dia akan menghilang begitu saja. Dia lebih suka mendapatkan “image” yang bagus akan dirinya daripada menyelesaikan pekerjaan.

Cara menanganinya: Untuk menghadapi boss tipe ini tidak begitu sulit. Yang perlu dilalukan adalah jangan pernah mumpublikasikan masalah pekerjaan di depan umum, sebab boss akan merasa kehilangan muka. Karena citranya menjadi jelek ketika boss kecewa tentu akan mempengaruhi karir kamu.

4.    Manajer Mikro
Tipe boss seperti ini adalah mereka yang sangat perhatian terhadap bawahannya. Sedikit sekali ruang bagi kamu untuk bisa melenceng dari peraturan perusahaan.

Cara menghadapinya :
Carilah solusi terbaik untuk membuat mereka merasa aman, terutama dengan memberikan masukan yang tepat sebagai pemecah masalah.

5.    Office-mate
Tipe ini memiliki sikapnya yang ramah, bersahabat, dan humoris. Namun, ia terbilang subjektif dalam memberi penilaian.

Cara menanganinya: Sesekali terima tawaran untuk ngopi atau hangout bareng sepulang kantor. Walau sudah akrab, bukan berarti kita bisa lalai dengan tugas kantor. Sebab semakin dekat, semakin ia akan lebih “perhatian” soal kerjaan. Tapi kalau sudah nyaman, kamu pasti akan mudah melakukan negosiasi dengannya dan mendapatkan promosi.

Memang sulit ketika kita berada dalam sebuah lingkungan kerja yang dipimpin oleh atasan yang kurang kompeten. Tetapi atasan yang menyebalkan dapat menjadi faktor yang memotivasi kamu untuk berubah menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *