Tips Kesehatan: 4 Cara Bekerja Efektif yang Harus Diketahui

tips kesehatan

Terkadang kita terlena dengan pekerjaan yang menumpuk tanpa memperhatikan kesehatan kita. Bisanya kita akan sadar ketika badan sudah terasa pegal-pegal, berat badan semakin bertambah dan sering terkena migraine akibat dari kelelahan bekerja. Saking sibuknya bekerja sampai-sampai lupa untuk memikirkan makanan yang sehat dan mencukupi untuk menopang tubuh kita dalam beraktifitas.

Tidak hanya makanan dan istirahat yang cukup untuk menjaga kesehatan saat bekerja tetapi bagaimana kita memperhatikan posisi duduk kita, menggunakan komputer dengan posisi tubuh yang benar akan sangat mempengaruhi kenyamanan dan tentunya kesehatan tubuh kita untuk menghasilkan cara kerja yang efektif.

Berikut tips kesehatan: 4 cara bekerja efektif yang harus diketahui:

1. Jangan duduk terlalu lama. Jangan habiskan waktumu untuk duduk seharian di kursi kerja, jika kamu melakukanya itu tidak baik untuk kesehatan. Untuk mengatasinya ambillah waktu untuk berjalan di sekitar kantor, hal ini baik untuk tubuh dan metabolisme. Selain itu membuat otot-otot menjadi lentur dan aliran darah akan mengalir dengan lancar.

2. Buat jadwal kerja dan patuhi. Bekerja terlalu keras sampai-sampai melewatkan jam makan siangmu, hal ini juga tidak baik bagi kesehatanmu. Mungkin ini terjadi karena kamu tidak mengatur waktu kerjamu sehingga pekerjaan menumpuk. Gunakan aplikasi pengatur jadwal agar jadwal kerjamu lebih teratur dan menghindarimu dari lembur.

3. Lakukan peregangan. Selain sesekali berjalan-jalan di sekitar kantor ada baiknya melakukan peregangan juga. Stretching atau latihan peregangan berperan penting untuk mencegah kekakuan otot akibat duduk berjam-jam lamanya. Latihan peregangan berguna dalam menjaga otot dan sendi tetap kuat dan lentur. Bangkitlah dari kursi atau bergeraklah dari meja kamu dan lakukan rangkaian peregangan seperti berikut ini:

  • Stretching Punggung Bawah: Duduklah di tepi kursi dengan kaki lurus ke depan, tumit di lantai dan lutut lurus. Tarik badanmu ke depan, kamu harus merasakan tarikan lembut di belakang kakimu. Tahan selama 15 detik dan ulangi.
  • Stretching Otot Inti: Berdiri dengan kaki dibuka selebar bahu dan tangan di pinggulmu, putarlah pinggang kamu dengan lembut dari kiri ke kanan. Lakukan masing-masing 10 putaran.
  • Stretching Perut: Berdirilah dengan kaki dibuka selebar bahu dan angkat tangan di atas kepala. Tarik badanmu ke belakang dengan lembut sampai merasakan regangan sedikit di daerah perut. Tahan selama 15 detik dan ulangi.
  • Stretching Dada: Berdirilah dengan kaki dibuka selebar bahu, letakkan tangan di belakang dengan jari-jari kedua tangan disatukan. Tarik perlahan tulang belakang kamu sambil meregangkan otot-otot dada kamu. Tahan selama 15 detik dan ulangi.
  • Stretching Lengan: Luruskan lenganmu ke depan sambil memegang jari-jari kamu, tarik perlahan ke belakang dengan arah telapak tangan membelakangi tubuhmu. Tahan selama 15 detik dan ulangi. Lakukan untuk kedua lengan.
  • Stretching Leher: kamu bisa lakukan dengan duduk atau berdiri dengan punggung lurus, memungkinkan kepala jatuh ke satu sisi dengan lembut, sehingga berat kepala membantu meregangkan leher. Tahan selama 15 detik dan ulangi. Lakukan untuk kedua sisi leher.

BACA JUGA: TIPS SEHAT TETAP BUGAR SAAT BEKERJA DIDEPAN KOMPUTER

4. Gunkan tangga. Jika kantormu terletak di lantai atas sebaiknya gunakan tangga untuk menuju ke sana. Penelitian mengungkap bahwa naik turun tangga membantu orang untuk membakar delapan kalori per menit. Selain itu, olahraga juga bisa meningkatkan sistem sirkulasi tubuh dan memberikan olahraga bagi jantung. Naik turun tangga juga diklaim sama dengan olahraga aerobik yang bisa meningkatkan kekuatan kaki dan memberikan stamina untuk berjalan. Jadi jangan ragu lagi untuk memilih tangga.

Semoga artikel kali ini dapat membantumu menjaga kesehat ditempat kerja, karena kesehatan merupakan seusatu yang sangat berharga, oleh sebab itu perhatikan segala sesuatu yang dikonsumsi dan kombinasikan dengan olahraga yang teratur maka akan terhindar dari segala macam penyakit dan depresi yang dialami oleh kebanyakan orang.

Jangan lupa kunjingi situs lowongan kerja http://www.lowongan.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *