Ketahui 5 Cara Mendapatkan Motivasi Saat Kamu Depresi

Depresi merupakan faktor penyebab kita kehilangan motivasi. Jika kamu merasa akhir-akhir ini kehilangan motivasi, mungkin kamu dilanda depresi. Jangan malu dan takut untuk menelusuri apakah kamu benar-benar depresi atau tidak. Pengetahuan ini penting bagi kamu. Karena, saat mengetahui bahwa faktor penyebab kehilangan motivasi adalah karena sedang depresi, dengan segera dapat melakukan tindakan untuk menyembuhkan depresi. Berikut 5 cara mendapatkan motivasi saat kamu depresi:

1. Jangan menyalahkan diri sendiri
Saat dilanda depresi karena masalah yang sedang terjadi, kamu cenderung akan menyalahkan diri sendiri. Melakukan hal itu bukanlah solusi yang tepat karena hal itu hanya membuat kamu semakin depresi. Lebih baik carilah orang yang dapat memotivasi kamu. Dan segera selesaikan masalah yang membuat kamu depresi.

2. Curhat
Menceritakan masalah yang sedang kamu hadapi kepada sesorang yang kamu percayai, akan menurunkan tingkat depresi. Manusia adalah makhluk sosial, sehingga berbicara dengan orang lain dapat menjadi sumber dukungan dan bantuan. Jika kamu merasa berbicara dengan sahabat atau keluarga sudah cukup membantu, maka hal itu dapat dilakukan. Dukungan dari orang yang kamu cintai akan membuat lebih kuat menghadapi cobaan hidup. Maka untuk mendapat dukungan itu, jangan takut menceritakan apa yang dikhawatirkan saat ini.

3. Harus percaya diri
Orang yang mengalami depresi umumnya memiliki percaya diri yang rendah, yang berarti mereka memiliki kepercayaan diri yang rendah juga dalam kemampuan melakukan tugasnya. Dengan demikian, mereka cenderung merasa kewalahan dan menghindari tugas-tugas tersebut.

4. Lakukan hal-hal yang menyenangkan
Ketika merasa tertekan, wajar bila kamu kehilangan minat pada hal-hal yang biasanya membuat kamu bahagia. Komedi menjadi tidak lucu lagi, olahraga menjadi tidak menyenangkan lagi, dan menghabiskan waktu dengan teman-teman juga menjadi tidak menarik. Didalam diri hanya ada kecemasan dan rasa benci terhadap diri sendiri. Tetapi jika saat depresi kamu mengurung diri dirumah, ini hanya akan membuat kamu semakin depresi. Sebaiknya lakukan hal-hal yang fun mungkin awalnya kamu tidak menikmatinya tetapi lama-kelamaan kamu akan larut dalam suasana. Ajaklah sahabat kamu untuk membantu kamu bergembira dan sejenak melupakan masalah yang ada.

5. Akui keberanian untuk melangkah keluar dari zona nyaman
Ide melangkah keluar dari zona kenyamanan ini bisa menimbulkan kecemasan dan depresi. Steven Hayes, seorang psikolog berkata, “Jika kamu tetap melakukan apa yang selalu dilakukan, kamu akan selalu mendapatkan apa yang ingin selalu kamu dapatkan”. Tetapi sebenarnya jika kamu berani keluar dari zona nyaman, kamu akan mendapatkan hal lebih. Jadi jangan takut untuk keluar dari zona nyaman mu ya.

Semoga artikel 5 cara mendapatkan motivasi saat kamu depresi dapat membantu kamu yang memiliki masalah dengan depresi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *