Karir: 4 Langkah Mengembangkan Ketrampilan Kerja

Semua pasti menginginkan karirnya terus berkembang dari waktu ke waktu. Memang tidak mudah untuk melakukannya. Meningkatkan dan mengelola karir adalah suatu proses yang berkelanjutan, bukan hanya sesuatu yang dapat dilakukan secara instant. Yang harus kamu perhatikan adalah kamu perlu memastikan bahwa kamu terus mengembangkan kekuatan, kemampuan dan keterampilan diri.

Untuk mendukung kesuksesan karir, kamu perlu mengembangkan ketrampilan kerja. Bagaimana cara mengembangkan keterampilan kerja?. Berikut 4 langkah mengembangkan ketrampilan kerja:

1. Dapatkan mentor & menjadi mentor
Memiliki mentor di tempat kerja sangatlah penting agar kamu memiliki keterampilan dan pengetahuan baru. Seorang mentor yang baik dapat membantu mu dalam memecahkan beberapa tantangan dan hambatan yang kamu hadapi. Mentor terbaik akan membantu mu menentukan langkah selanjutnya dalam karir dan akan membimbing mu mencapai punck karir.

Memiliki mentor memang penting untuk kemajuan karir mu. Mereka dapat memberi mu pengalaman baru dan sudut pandang baru. Selain menemukan mentor yang baik, pertimbangkan untuk mencari anak didik yang baik juga. Dalam banyak kasus, mengambil langkah yang lebih tinggi dalam karir, berarti kamu akan mengelola orang. Cara terbaik untuk latihan adalah dengan menjadi mentor untuk orang lain.

2. Angkat tangan mu untuk tantangan baru
Saat melihat peluang baru untuk belajar keterampilan baru, sebaiknya ambil peluang itu. Jika ada yang ingin kamu pelajari di perusahaan dan kamu melihat kesempatan untuk dapat mempelajari nya, segera lakukan. Terlebih jika ketrampilan yang akan di pelajari dapat memajukan karir mu.

BIasanya orang-orang yang maju dalam karir mereka selalu mencari peluang baru untuk belajar. Ketika sebuah proyek baru muncul dan sejalan dengan keterampilan yang di cari, dengan segera mereka mengangkat tangan untuk mengajukan diri ikut dalam proyek tersebut. Biarkan manajer atau tim HR tahu bahwa kamu memang ingin belajar beberapa keterampilan baru atau mendapatkan hal yang baru, pengalaman yang lebih maju.

BACA JUGA : LAKUKAN 3 KEBIASAAN INI UNTUK MENINGKATKAN KARIRMU 

3. Baca, baca, baca dan berikan solusi
Dalam hal ini, saya menyarankan agar kamu mulai membaca apa saja yang berhubungan dengan industri dan bidang mu. Mempelajari segala sesuatu yang memang seharusnya kamu ketahui, seperti tentang perusahaan mu dan pesaing mereka.

Jujur, ketika seseorang di tim saya datang kepada saya dengan solusi, mereka akan terlihat menonjol di antara yang lain. Saat tidak ada proyek-proyek yang dapat kamu ambil, ada baiknya kamu menganalisis perusahaan dan cari tahu masalah apa saja yang dapat di pecahkan. Dengan cara ini, kamu akan belajar keterampilan baru dan terlihat menonjol karena telah meluangkan waktu untuk memecahkan masalah perusahaan.

4. Berteman dengan departemen lain
Banyak keterampilan baru yang akan di dapatkan saat berada di luar departemen. Untuk itu cobalah untuk berkenalan dengan di divisi lain, kantor lain, dan tim lain. Jika kamu ingin mengetahui tentang departemen mereka. Pelajari apa saja yang bisa menunjang kemajuan karir mu.

Demikian tips karir mengenai 4 langkah mengembangkan ketrampilan kerja. Semoga bermanfaat.

Kunjungi http://www.lowongan.id/ untuk mendapatkan informasi lowongan kerja terupdate dan terpercaya,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *