Inilah 4 Cara Mencari Kerja untuk Lulusan Baru 2014 – 2015

mencari kerja

fresh graduate yang baru memasuki dunia kerja sering menghadapi siklus frustasi. Perusahaan terus menolak mereka karena tidak memiliki pengalaman apapun. Apa yang bisa mereka lakukan untuk menambah pengalaman kerja mereka sebelum mendapat panggilan kerja. Mari kita lihat 4 cara mencari kerja untuk lulusan baru:

1. Menjadi Relawan Kerja
Jangan menolak menjadi pekerja sukarelawan, kamu bisa menggunakanya sebagai pengalaman kerja di resume kamu nanti. Pilih organisasi yang menarik bagi kamu dan sebaiknya yang berhubungan dengan pekerjaan kamu nantinya. Jika ingin menjadi seorang dokter, jadilah relawan di rumah sakit setempat. Memiliki pekerjaan sukarelawan pada resume, dapat dihitung sebagai pengalaman kerja. Menjadi relawan menunjukkan bahwa kamu bersedia untuk mengambil inisiatif dan memberikan waktu kamu bahkan tanpa dibayar untuk melakukannya.

2. Gunakan pengalaman dikampus
Saat kuliah tentunya kamu mengikuti berbagai kegiatan, kegiatan itu bisa kamu masukan kedalam resume kamu sebagai pengalaman kerja. Seperti mengadakan acara hibah, penggalangan dana untuk acara kampus, dan menulis untuk koran sekolah dan beberapa hal lainnya yang kamu lakukan. Pengalaman tersebut memberikan pengalaman kerja yang berharga.

3. Mencari lowongan kerja diinternet
Kamu bisa menggunakan media sosial, website lowongan kerja seperti http://www.lowongan.id/ dan LinkedIn untuk mencari kerja. Biasanya perusahaan akan memposting lowonganya di sana. Dan jangan lupa untuk memantaunya agar selalu update tetang lowongan pekerjaan.

BACA JUGA:  7 TIPS SIMPEL MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENCARI KERJA

4. Magang
Ada begitu banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari magang, meskipun kamu tidak dibayar. Pengalaman magang kamu bisa dijadikan pengalaman kerja pada resume. Beberapa orang mendapatkan pekerjaan tetap ditempat magang karena boss menyukai pekerjaan kamu.
Selain itu kamu juga dapat memperluas koneksi di tempat magang. Memiliki banyak koneksi akan memudahkan kamu untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan.

Mendapatkan pekerjaan adalah tantangan bagi para pencari kerja. Bagi orang-orang muda yang baru memasuki dunia kerja, menuliskan pengalaman selama hidupnya ke resume akan membantu menambah nilai resume. Untuk itu gunakan waktumu untuk mencari pengalaman kerja sembari menunggu panggilan kerja. Demikian tips cara mencari kerja untuk lulusan baru 2014 dan 2015. Dan jangan lupa jika kamu membutuhkan informasi pekerjaan bisa menngunjungi halaman ini http://www.lowongan.id/ . Happy hunting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *