Inilah 11 Kebiasaan Yang Menghambat Kreatifitas Kamu

creative

Kreatifitas merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting. Kreatifitas membantuĀ  menyelesaikan berbagai masalah, mulai dari masalah kecil hingga masalah besar yang sangat rumit dan tidak bisa hanya diselesaikan dengan cara sederhana. Taukah kamu bahwa ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa menghambat kreatifitas. Berikut Inilah 11 Kebiasaan yang menghambat kreatifitas kamu:

1. Takut Gagal
Gagal itu adalah hal yang wajar. Dengan mengalami kegagalan kamu telah belajar dan mendapatkan pengalaman yang berharga. Jadi jangan pernah takut gagal ya. Milikilah keyakinan pada apa yang dilakukan dan percaya bahwa akan berhasil. Michaela Cristallo mengatakan bahwa “Hidup adalah tentang mengejar pengalaman besar dan kreatifitas adalah sesuatu yang layak dikejar apapun hasil akhirnya”.

2. Terlalu sibuk
Saat kamu merasa lelah tentu membuat tidak fokus pada tugas-tugas yang diberikan dan tentunya kreatifitas tidak akan mengalir. Gary klein mengatakan “Memberikan kebebasan pada pikiran adalah hal yang penting untuk mendorong kreatifitas dan pemikiran inovatif”.

3. Homeostatis
Homeostatis adalah keinginan alam bawah sadar untuk tetap berada pada keadaan konstan dengan masa lalu atau kehidupan sekarang. Hal ini karena ketakutan untuk mencoba sesuatu yang baru. Homeostatis sangat menjadi penghalang untuk orang yang ingin mencapai kesuksesan dalam bisnis.

4. Takut dikritik
Kita sering berpikir buruk terhadap orang-orang yang mengkritik diri kita. Tapi pada kenyataannya belum tentu orang yang mengkritik kita berniat buruk justruk berniat baik karna peduli pada kita. Saat merasa takut dikritik kita cenderung saat berhati-hati sehingga kreatifitas kita tidak muncul.

5. Hanya berpikir secara logika
Sering berpikir secara logis akan mematikan imajinasi dan berpikir kreatif. Padahal dalam berkreasi kita dapat berpikir bebas tentang segala sesuatu yang berbeda dan bebas pula berpikir secara nonlogika kususnya dalam fase berpikir kreatif.

6. Berpikir pasif
Banyak orang suka berfikir pasif sehingga malas untuk mencari ide baru. Hal ini dikarenakan sudah nyaman dengan keadaan yang ada. Berpikir pasif sama seperti kehilangan energy pada otak atau sama saja seperti otot yang sudah lama tidak digerakkan. Untuk mengatasinya adalah dengan berpikir secara proaktif. Proaktiflah dalam mencari informasi-informasi baru sehingga otak tidak menjadi kaku.

7. Mengikuti Aturan
Terkekang aturan yang begitu banyak bisa membuat matinya pemikiran kreatif. Bukan berarti mengajarkan untuk melanggar aturan. Sebaiknya jangan terlalu terpaku pada aturan.

8. Bermain itu Bukan Bekerja
Membiarkan pikiranĀ  bermain-main justru merupakan cara yang paling efektif untuk merangsang pemikiran kreatif. Namun, banyak orang memisahkan bermain dari pekerjaan. Padahal saat ini, orang-orang yang bisa datang dengan ide-ide besar dan solusi yang paling ekonomislah yang dihargai, sedangkan para pekerja seringkali digunakan untuk kepentingan para pemikir kreatif.

9. Tertutup pada sudut pandang lain
Pernah merasakan tidak punya ide? atau seakan-akan ide berhenti. Hal itu dapat terjadi karna kamu hanya mempercayai satu sudut pandang. Menutup sudut pandang lain menjadikan ide yang muncul terbatas. Mengapa demikian? karna ide didasarkan pada satu pola pikir, satu sudut pandang. Untuk mengatasi hal itu kamu perlu memperkaya sudut pandang dengan cara banyak berdiskusi dengan orang kain, membaca buku, membaca artikel, mengikuti seminar dan sebagainya.

10. Merasa bukan orang yang kreatif
Pada dasarnya manusia adalah mahluk yang kreatif. Tetapi banyak yang menyangakal bahwa dirinya bukan orang yang kreatif. Saat kamu melakukan hal itu pada diri sendiri maka hal itu bisa menjadi nyata. Maka segeralah hentikan. Dan yakin lah kamu adalah orang yang kreatif.

11. Terbiasa di suatu ruangan
Jangan hanya mengurung diri disuatu ruangan entah itu ruang kerja atau ruang lainnya karna itu akan mematikan kreatifitas. Cobalah sesekalai keluar dan kunjungi tempat-tempat yang bisa memberikan kamu inspirasi dan ketenangan. Karna ketika otak kamu merasa fresh dan tenang maka kreatifitas akan mengalir. Emily Heyward mengatakan “Meninggalkan ruang pribadi kamu untuk beberapa menit dapat membuat perbedaan besar dalam menghasilkan ide-ide baru”. Jadi jangan meremehkan kekuatan dari perubahan suasana.

Nah itu tadi 11 Kebiasaan yang menghambat kreatifitas kamu. Sudah tau kan?. Jadi mulai sekarang hindari kebiasaan-kebesian diatas ya, agar kreatifitas kamu tidak mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *