Inilah 10 Tips Ampuh untuk Pencari Kerja

Sebagai pencari kerja, Kamu pasti ingin mendapatakan pekerjaan sesuai dengan posisi yang di inginkan. Mungkin tips ini bisa membantu menemukan pekerjaan yang di inginkan.

Berikut adalah 10 tips dari para ahli karir untuk mempermudah pencarian kerja:

1.  Mengirim Resume lewat E-mail

Akan ada banyak e-mail yang masuk. Sedangkan para penyeleksi hanya memilik sedikit waktu untuk memeriksanya. Buatlah judul e-mail semenarik mungkin. Jika pihak perusahaan tidak memberikan format tentang pengiriman e-mail. Dan jangan lupa membuat resume  tampak menarik tidak seperti resume yang kebanyakan orang kirim.

2.  Resume membuat kamustress?

Jika kamu hanya memiliki waktu terbatas dan tidak mempunyai cukup waktu untuk menyusun surat lamaran atau mempersiapkan resume.  Taukah kamu Surat pengantar dan resume merupakan bagian ketiga atau keempat sebagai bagian terpenting dari pencarian kerja. “Jangan hanya mengandalkan surat lamaran atau resume ,” kata Rich Gee, seorang pelatih eksekutif.  Sebaliknya, Gee menyarankan menggunakan waktu untuk membuat koneksi di perusahaan yang kamu incar.

3.  Membuat rencana

Jangan hanya karena kamu sedang menjadi pencari kerja bukan berarti mendaftar di setiap lowongan kerja. Tetapi buatlah rencana posisi apa saja yang ingin di lamar. Dan buatlah Jadwal mingguan, harian, jam.  Sebelum menjadi pencari kerja yang duduk di depan komputer untuk mecari lowongan pekerjaan tanpa tahu pekerjaan apa yang kamu inginkan. Jika sudah membuat rencana pasti waktu yang digunakan akan menjadi efektif dan tidak membuang tenaga sia-sia hanya untuk mencari pekerjaan.

4.  Persiapkan sebelum wawancara

Jangan pernah berpikir bahwa kamu tidak pelru meluangkan waktu untuk mempersiapakan wawancara karena kamu telah melakukannya beberapa kali atau bahkan sudah terlalu sering. Usahankan untuk meluangkan waktu untuk mempelajari perusahaan yang kamu lamar. Bisa saja sekedar melihat website. Juga, bertemu dengan orang-orang yang telah bekerja di perusahaan. Mengetahui tentang perusahaan dan posisi  dapat membantu mengurangi rasa stres selama wawancara.

5.  Terima teh atau air

Menangkal gugup pada saat wawancara memang tidaklah mudah. Cobalah trik ini saat wawancara: “Pada awal wawancara, jika pewawancara bertanya apakah kamu ingin air, teh, dll, jawablah dengan mengatakan ya,” jelas Alesia Benediktus, chief executive dari GetInterviews.com. “Ini berfungsi sebagai penyangga yang besar jika kamu perlu waktu sejenak dan mengumpulkan pikiran sebelum menjawab pertanyaan.” Gunakan ini saat pewawancara menyajikan pertanyaan rumit dan kamu ingin mengambil beberapa detik untuk berpikir tentang.

6.  Persiapan

Jangan sampai kamu salah mengeejan nama pewawancara. Jika hal itu sampai terjadi kemungkinan nilai  akan berkurang. Datanglah beberapa menit sebelum wawancara hal ini menghindari kejadian–kejadian seperti kecelakaan, ban bocor dll. Pastikan Anda melakukan persiapan yang matang.

7.  Jaringan alumni

Dengan banyaknya perguruan tinggi yang memiliki jaringan alumni yang  dikelola dengan baik. Kamu bisa memanfatkanya untuk mendapatkan informasi pencari kerja secara update. Gunakan direktori untuk menemukan orang-orang yang dapat membantu kamu.

8. Gunakan bahasa resmi

Pastikan selalu membalas e-mail dari perusahaan dengan menggunakan bahasa yang resmi. Bahkan saat kamu hanya mengkonfirmasikan waktu pertemuan untuk wawancara. Jangan pergunakan singkatan dan bahasa gaul. Hal tersebut akan memberi kesan bahwa kamu bukan orang yang professional.

9. Sertakan kode pos pada resume

Jika kamu sedang mencari pekerjaan di daerah tempat tinggal, sebaiknya tuliskan juga kode pos di alamat kamu. Perekrut sering memberikan preferensi kepada kandidat yang sesuai dengan lokasi perusahaan dan akan melakukan pencarian kode pos di database resume untuk menemukan kandidat.

10.  Jadilah jujur

Selalu katakan pengalaman kerja kamu secara jujur.  Perusahaan mencari individu yang dapat dipercaya dan tidak mungkin untuk mempekerjakan seseorang yang mereka nilai tidak bersikap jujur​​.

Semoga 10 tips  pencari kerja tadi bisa membantu kamu yang sedang mencari pekerjaan. Selian itu Anda bisa mencari banyak lowongan kerja dari berbagai kota di Indonesia di http://www.lowongan.id silahkan mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *