HRD, Lakukan 5 Langkah Ini Untuk Hasil Terbaik Penilaian Kerja

hrd

Penilaian kerja merupakan hasil yang telah di capai oleh seorang karyawan berdasarkan standar yang telah di tetapkan perusahaan. Fokus dari penilaian kerja adalah untuk mengetahui seberapa besar produktivitas seorang karyawan, apakah mereka berkinerja semakin baik atau malah semakin buruk. Biasanya setelah dilakuan penilaian kerja, karyawan akan mendapat reward atau punishment.
Reward akan diberikan kepada karyawan yang berprestasi dan mampu meraih target. Sedangkan punishment merupakan konsekuensi yang harus siap ditanggung oleh karyawan yang tidak mampu memberikan performa ter baiknya sehingga tidak berhasil meraih target yang telah ditentukan.

Lalu bagaimana melakukan penilaian kerja agar mendapatkan hasil yang terbaik?. Berikut tips hrd mengenai 5 langkah ini untuk hasil terbaik penilaian kerja:

1. Jadilah spesifik dan transparan
Memberikan review laporan secara spesifik dan transparan akan meningkatkan kinerja dan moral karyawan. Untuk ulasan yang di berikan harus mencakup contoh-contoh secara spesifik dari kinerja yang baik agar karyawan lain dapat mencontoh nya. Jika tidak ada struktur secara formal, untuk membuat laporan secara transparan, bagi lah review menjadi beberapa golongan dan kompetensi secara spesifik, hal ini akan mendefinisikan masing-masing kategori. Dengan cara ini, karyawan akan mengetahui secara persis bagaimana mereka dievaluasi dan apa yang paling penting.

2. Sering melakukan evaluasi
Idealnya evaluasi kinerja dilakukan setiap triwulan, atau bahkan setiap minggu. Jika perusahaan hanya mengevaluasi kinerja setiap tahun atau dua tahun sekali, manajer dan karyawan harus tetap melakukan evaluasi pada akhir tahun.

3. Kumpulkan kritik dan saran dari semua pihak
Beberapa perusahaan menerapkan 360 ulasan, di mana karyawan dapat memberikan saran dan kritikan bagi manajer, laporan dan rekan kerja mereka secara langsung. Jika di perusahaan tidak ada proses seperti itu, manajer harus tetap mengumpulkan saran dan kritik secara informal. Hal ini juga akan membantu menumbuhkan lingkungan kerja tim yang nyaman serta kepercayaan di antara mereka.

BACA JUGA: HRD 5 CARA EFEKTIF MENGELOLA KARYAWAN KINERJA RENDAH

4. Mengetahui apa yang membuat karyawanmu ter motivasi
Sangat penting untuk mengetahui apa yang dapat membuat karyawanmu ter motivasi. Beberapa karyawan merasa ter motivasi saat mereka mendapatkan penghargaan terhadap kinerja mereka seperti mendapat kenaikan gaji dan bonus. Memberikan karyawan kesempatan untuk mengembangkan diri, juga akan membuat mereka ter motivasi.

5. Memanfaatkan teknologi
Ada berbagai software yang membantu dalam mengevaluasi kinerja perusahaan. Dengan menggunakan software proses evaluasi menjadi lebih cepat dan mudah. Sehingga akan menghemat waktu dan memungkinkan proses review berjalan secara transparan. Gunakan juga platform manajemen yang berbasis cloud agar memudahkan dalam memodifikasi dan memberikan kemudahan bagi semua karyawan untuk menggunakan.

Sekian tips hdr yang membahas mengenai 5 langkah ini untuk hasil terbaik penilaian kerja. Semoga bermanfaat.

Ingin mendapatkan informasi seputar lowongan kerja?, kunjungi http://www.lowongan.id/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *