Cegah 5 Kesalahan Sosial Media Saat Mencari Kerja

sosial media

Di zaman sekarang siapa sih yang tak punya akun sosial media tentunya hampir semua orang di dunia ini memiliki akun sosial media. Hal ini menjadikan terobosan baru bagi para perusahaan untuk menentukan calon pegawai baru. Biasanya HRD akan mencari tahu calon pegawai mereka melalui profil akun sosial. Informasi yang mereka cari biasanya berupa latar belakang, karakter dan kepribadian mereka. Itu bisa diketahui lewat status, komentar-komentar mereka, informasi yang di tulis di profil mereka dan tentunya foto-foto yang mereka upload.

Beberapa perusahaan besar menyatakan bahwa sosial media sangat penting untuk menentukan calon pegawai yang hendak mereka rekrutmen. Jika kamu sedang mencari kerja sebaiknya segera bersihkan akun sosial mediamu. Jangan sampai ada foto atau status yang tak pantas di sana. Dan jangan biarkan perusahaan impianmu mencoretmu dari daftar calon karyawan untuk sebuah posisi karena sosial media.

Untuk mengatasi semua itu, simak tips berikut. Cegah 5 kesalahan sosial media saat mencari kerja:

1. Membiarkan profilmu dapat dilihat semua orang
Sedang mencari kerja? jika iya, inilah saatnya untuk mengatur profilmu. Hal ini memastikan agar informasi pribadimu hanya dapat dilihat oelh teman-temanmu. Banyak perusahaan yang melakukan pengintai para pelamar lewat sosial media. Salah – salah kamu bisa di coret dari daftar pelamar.

2. Tidak menggunakan nama asli di sosial media
Sebagian dari kita pasti menuliskan nama di facebook tidak menggunakan nama asli, meski pun kamu memiliki alasan mengapa tidak memakai nama asli sebaiknya lupakan hal itu saat sedang mencari kerja. Ubahlah segera nama pada profilmu dengan nama asli. Dengan menggunakan nama asli kamu di anggap sebagai orang yang profesional. Tentunya tidak inginkan dicap sebagai orang yang tidak profesional oleh perusahaan yang sedang kamu lamar kan?.

3. Menggunakan foto profil yang tidak profesional
Calon atasanmu tentunya tidak perlu menjadi temanmu di sosial media untuk dapat melihat foto profilmu. Jadi, pastikan untuk tidak memasang foto konyolmu atau foto dengan banyak orang. Sebaiknya gunakan foto profesional. Jangan lupa untuk mengecek namamu di google siapa tau di sana ada beberapa fotomu yang tak pantas, segera hapus atau kunci agar hanya kamu yang dapat melihatnya.

BACA JUGA: 8 TIPS MUDAH MEMAKSIMALKAN PROFIL LINKEDINMU  

4. Komentar yang tak pantas dari temanmu
Manajer sering kali akan menilai komentar yang kasar atau tidak pantas pada profilmu. Jadi, sebaiknya cek kembali status-status lama mu apakah ada komentar yang tidak pantas segeralah hapus.

5. Menulis status tentang pekerjaan
Mungkin dulu kamu pernah kesal dengan atasanmu atau benci dengan pekerjaanmu yang sebelumnya kemudian kamu menulisnya di twitter. Sebaiknya hapus tweet-tweet tersebut karena calon atasanmu akan menilai kamu orang yang tidak memiliki etos kerja. Tentunya hal ini akan membuatmu di coret dari calon pelamar.

Nah sudah tau kan apa saja yang seharusnya tidak kamu lakukan di sosial media saat sedang mencari kerja. Jangan lupa kunjungi http://www.lowongan.id/ untuk mendapatkan informasi seputar lowongan kerja yang tepercaya dan terupdate.

Yuk intip informasi lowongan kerja di http://www.lowongan.id/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *