Berikut 4 Tips Mudah Untuk Negosiasi Kenaikan Gaji-mu

Gaji merupakan hak para pekerja yang telah memberi kontribusi kepada perusahaan dan gaji menjadi kewajiban bagi setiap perusahaan. Ada perusahaan yang mesejahterakan para karyawan dengan memberikan gaji dan kompensasi yang cukup besar agar kinerjanya semakin meningkat. Namun ada juga sebaliknya, perusahaan yang kurang memperhatikan masalah gaji bisanya para pekerjanya tidak total dalam memberi kontribusi kepada perusahaan.

Jika kamu kebetulan bekerja di perusahaan yang kurang memperhatikan masalah gaji ada baiknya kamu melakukan negosiasi kenaikan gaji terlebih lagi jika gajimu di bawah standar. Artikel berikut akan membantumu melakukan negosiasi kenaikan gaji.

Berikut 4 tips mudah untuk negosiasi kenaikan gaji-mu:

1. Melakukan penelitian
Cari tahu berapa gaji standar untuk posisimu saat ini, ini akan membantumu merasa lebih nyaman ketika bertemu dengan atasan. Hal ini juga akan menunjukkan kepadanya bahwa alasanmu meminta kenaikan gaji bukan sekedar menginginkan gaji yang lebih banyak tetapi ini tentang berapa gaji yang pantas kamu terima. Tanyakan juga kepada rekan-rekan di organisasi lain yang memiliki posisi serupa denganmu tentang kisaran gaji mereka.

Tips tindakan: Gunakan situs yang dapat membantumu menentukan gaji rata-rata untuk posisi yang sesuai dengan lokasimu, dan berbicaralah dengan teman-teman yang dapat dipercayai dalam industrimu.

2. Tuliskan prestasimu
Inilah alasan mengapa menyimpan daftar prestasi pribadi dan profesional merupakan hal yang sangat penting. Perbarui daftar ini setiap kali kamu berhasil menyelesaikan sebuah proyek dan menerima pujian dari pelanggan atau supervisor. Tuliskan semua yang terjadi seperti keterampilan yang digunakan, hasil yang spesifik (mengkuantifikasi sebanyak mungkin) dan testimonial dari mereka yang terlibat.

Sebagai contoh, seseorang yang bekerja di penjualan berhasil menjual lebih dari target dalam sebulan. Orang itu bisa menyebutkan bahwa dia menggunakan keterampilan dan keahlian dalam menjual barang-barang. Dia juga dapat melampirkan komentar positif dari pelanggan.

Tips tindakan: Buatlah dalam dokumen terpisah dari resume-mu, yang berisi mengenai daftar prestasimu di posisimu saat ini. Luangkan waktu setiap bulan untuk memperbaruinya. Presentasikan dokumen tersebut ke bosmu dengan menggunakan tiga langkah di atas.

BACA JUGA: INILAH 5 CARA BOS MENOLAK NEGOSIASI GAJI KAMU

3. Berlatih, berlatih, berlatih.
Ketika kita merasa gugup, kita cenderung menggunakan ungkapan-ungkapan seperti “hanya” dan “hanya”, yang akan berdampak menurunkan nilai yang kita miliki. Kadang-kadang tanpa disadari kita sering melihat lantai, karena rasa takut untuk membuat kontak mata.

Siapkan kata-kata yang akan kamu ucapkan terlebih dahulu, misalnya katakan “Saya pikir, saya pantas untuk mendapatkan kenaikan gaji” hal ini dapat menanam keraguan dalam pikiran atasanmu, karena kamu hanya “berpikir” bahwa kamu layak mendapatkannya. Ganti dengan kata-kata yang mencerminkan rasa percaya diri, seperti: “Saya sangat percaya bahwa aku layak mendapatkan kenaikan gaji dan telah mempersiapkan beberapa alasan mengapa saya pantas mendapatkannya, dalam dokumen ini”. Ini adalah ungkapan yang menginspirasi kepastian.

Lakukan latihan dengan suara keras, sehingga saat kamu berbicara dengan atasanmu tidak lagi merasa gugup. Kadang-kadang ketika kita menulis sesuatu, kedengarannya lebih formal daripada ketika kita berbicara itu, praktekkan di cermin.

Tip tindakan: Mintalah bantuan para teman atau anggota keluarga untuk mendengarkan pitch-mu mengenai kenaikan gaji. Mintalah dia untuk menunjukkan setiap ekspresi meminimalkan verbal dan non verbal.

4. Berpakaian percaya diri
Meski pun kamu mungkin tidak selalu merasa percaya diri dari dalam, kamu dapat menunjukkan kepercayaan dirimu dari luar melalui pakaianmu. Berpakaian seperti orang yang percaya diri akan membantumu merasa lebih percaya diri. Gunakan pakaian yang memberitahu atasanmu, bahwa kamu memang ingin berada di sana, apakah itu dengan menggunakan jas yang disesuaikan dalam pengaturan kode berpakaian agar terlihat lebih profesional.

Tpis aksi: Kenakan pakaian yang membuatmu merasa percaya diri dan pastikan hal itu mencerminkan besarnya gaji yang akan kamu pinta. Ini berlaku untuk pria dan wanita.

Demikian 4 tips mudah untuk negosiasi kenaikan gaji-mu. Semoga bermanfaat.

Bagi kamu yang ingin mencari informasi lowongan kerja cari aja di lowongan.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *