Begini Tips Sehat Kerja Di Kantor

tips sehat

Menjaga tubuh tetap sehat ketika bekerja sepanjang hari di balik meja bisa menjadi suatu tantangan. Duduk sepanjang hari di balik meja bukanlah hal yang baik bagi kesehatan tubuh mu. Terlalu lama duduk mungkin kamu akan merasakan rasa sakit, nyeri, tegang, dan nyeri punggung atas. Hal ini memang wajar terjadi karena tubuh mu telah mengalami kelelahan fisik. Jika hal ini di biarkan akan berdampak lebih buruk. Untuk itu artikel kali ini akan memberikan tips bagaimana agar kamu tetap sehat saat kerja di kantor.

Ini dia tips sehat kerja di kantor:

1. Bergerak
Kita semua tau bahwa perasaan lesu akan muncul pada tengah hari. Setelah duduk selama berjam-jam, punggung mu mulai terasa sakit, dan mata mu semakin berat. Cobalah bangun dari meja mu secara teratur, hal ini dapat mengurangi rasa sakit yang di akibatkan duduk berjam-jam. Untuk tetap sehat dan bugar kamu membutuhkan gerakan. Cobalah untuk bangun secara berkala dan berjalan-jalan di sekitar kantor atau melakukan beberapa peregangan ringan. Tetap duduk di posisi yang sama untuk jangka waktu yang lama dapat menyebabkan gumpalan darah yang serius dan kram otot.
Dengan menjaga tubuh mu selalu bergerak, tubuh mu akan terus memompa darah dan membantu untuk melonggarkan otot-otot. Melakukan hal ini secara teratur akan membuat otot mu tetap lentur dan juga menjaga otak mu.

2. Merawat mata mu
Mata juga membutuhkan istirahat. Terlalu lama di gunakan mengakibatkan mata terasa kering, sedikit sakit, atau mungkin menderita sakit kepala karena terlalu lama menatap monitor selama berjam-jam. Cobalah untuk istirahat dari monitor sesekali selama setengah jam. Alihkan mata mu ke pemandangan di luar jendela atau berjalan-jalan di sekitar kantor untuk melihat pemandangan alam. Lihatlah apa pun yang akan membiarkan mata mu selama sekitar setengah menit akan membantu mengurangi ketegangan otot-otot mata.

Atur posisi monitor mu agar tidak terlalu dekat dari tempat duduk mu, dan tidak begitu jauh agar kamu tidak menyipitkan mata saat melihat monitor. Pastikan juga bahwa kamu menggunakan ukuran font yang sesuai tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

3. Duduk dengan benar
Posisi duduk akan sangat mempengaruhi kesehatan mu, jadi pastikan duduk dengan benar saat sedang bekerja. Pastikan duduk tegak di kursi dengan bahu lurus. Kursi yang kamu duduki harus cukup rendah sehingga kaki mu dapat tetap rata dengan tanah. Berolahraga secara teratur akan membuat postur tubuh mu menjadi lebih baik karena otot punggung mu lebih kuat.

Jangan menyilangkan kaki mu saat duduk, karena itu dapat membuat stres pada lutut dan pergelangan kaki. Lengan harus sejajar dengan meja dan pergelangan tangan agar bahu tetap rileks. Cobalah untuk menemukan sudut yang baik untuk duduk dengan nyaman sehingga kamu tidak perlu mengubah leher mu untuk melihat monitor, karena hal itu dapat membuat bahu mu tegangan.

4. Minum air putih dan makan snack
Selain rajin bergerak, hal yang tak kalah penting lainnya untuk menjaga tetap sehat adalah asupan air yang baik. Banyak orang dengan mudah mengabaikan asupan air putih, dan malah menggantinya dengan soda dan minuman manis ketika mereka merasa lelah. Tubuh mu membutuhkan air seperti mobil yang membutuhkan minyak. Air adalah komponen utama dalam menjaga otot mu agar tidak lelah dan kram.

Cobalah untuk membiasakan diri minum dengan cukup, isi gelas mu setiap jam dan kemudian ketika kamu bangun untuk meregangkan otot seperti yang kita bicarakan sebelumnya, saat itu kamu juga dapat mengisi cangkir mu.

Ngemil sepanjang hari juga akan membantu menjaga energi dan pikiran mu tetap ter fokus, tetapi ngemil seperti keripik kentang dan permen hanya akan memberikan energi sementara. Cobalah untuk mengganti cemilan mu dengan cemilan sehat seperti wortel, anggur, atau kacang asin.

Bagaimana tips sehat kerja di kantor, mudah dilakukan bukan?. Tunggu apa lagi segera terapkan di kantor agar kamu tetap sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *