Begini Cara Menjadi Public Speaker

public speaker

Banyak orang merasa panik ketika mereka harus menyampaikan pidato di depan banyak orang. Namun, jika kamu ingin bergerak maju dalam karirmu dan menjadi seorang pemimpin, kamu perlu belajar bagaimana menjadi seorang pembicara publik yang efektif. Untungnya, berbicara di depan umum adalah sesuatu yang dapat dipelajari dan dengan latihan yang cukup, semua orang bisa menjadi pembicara publik yang lebih baik.

Inilah 4 cara menjadi public speaker:

1. Praktekan terlebih dahulu
Saat menjadi public speaker pastikan kamu menguasai materi yang akan disampaikan dengan baik, lebih bagus lagi jika anda ahli tentang itu. Persiapkan presentasi denganĀ power point sebelum acara, agar persiapan menjadi lebih matang jangan lupa untuk latihan. Lebih baik berlatih di depan cermin sehingga kamu dapat mengevaluasi diri. Untuk persiapan akhir kamu harus berlatih di ruang yang sebenarnya, ruang di mana kamu akan memberikan pidato. Jika hal ini tidak mungkin, setidaknya cobalah untuk mempelajari tata letak ruang seperti, apakah ada komputer, proyektor atau mic. Ini akan membuat mu menjadi lebih siap untuk pidato.

2. Mengetahui audiensmu
Cobalah pelajari sebanyak mungkin tentang penontonmu. Misalnya, jumlah orang yang akan menghadiri pidatomu, usia mereka dan pengetahuan mereka tentang topik yang akan disampaikan. Hal ini merupakan faktor yang sangat penting, yang akan membantumu menentukan nada dan isi pidato yang akan diberikan. Pastikan untuk memiliki kalimat pembuka yang akan menangkap perhatian para audiensmu.

3. Buat sesimpel mungkin
Tentunya kamu tahu materi apa yang sangat bagus untuk disampaikan dan itulah alasan mengapa kamu diundang menjadi public speaker. Namun, jangan lupa bisa jadi materi ini pertama kali didengar oleh para audiensmu. Oleh karena itu, tetaplah gunakan materi pidato yang sederhana. Jangan berasumsi semua orang yang mendengarkan adalah seorang ahli. Jika hal itu kamu lakukan, mungkin kamu justru membanjiri audiensmu dengan materi yang terlalu berat. Fokus pada poin-poin utama.

4. Buatlah Pribadi
Ambil setiap kesempatan untuk terhubung dengan para audiensmu. Jadilah pribadi yang lucu dan tidak mencoba untuk pamer. Gunakan gerakan tangan dan bergerak di atas panggung. Hati-hati juga dengan nada suaramu, cobalah untuk ramah dan tidak suka memerintah. Selain itu, ceritakan pengalaman atau kehidupan pribadimu, orang-orang suka mendengar kehidupan orang lain karena mereka biasanya akan menemukan kesamaan dan mereka dapat mengidentifikasi diri dengan mereka.

Nah itu tadi 4 cara menjadi public speaker. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *