9 Cara Ampuh Mencari Kerja Sampingan

mencari kerja

Mendapatkan pekerjaan sampingan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, terutama jika kamu belum punya pengalaman melamar kerja atau pun pengalaman kerja sebelumnya. Apakah kamu merupakan orang yang sedang mencari kerja?, jika jawabanya iya maka artikel ini sangat tepat untuk dibaca oleh mu. Kami akan memberikan beberapa tips untuk mu agar mendapatkan pekerjaan.

Berikut 9 cara ampuh mencari kerja sampingan:

1. Masukan lamaran online. Banyak perusahaan pekerja paruh waktu yang menerima lamaran secara online. Kunjungi situs web perusahaan yang ingin kamu lamar, cek apakah kamu dapat melamar nya secara online. Selain itu kamu juga bisa mengecek lowongan pekerjaan di http://www.lowongan.id/.

2. Apa yang harus di apply lewat online. Biasanya apply lewat online meminta informasi seperti kontak, latar belakang pendidikan dan riwat kerja.

3. Tentukan jadwal kerja. Biasanya perusahaan telah memiliki jadwal part time yang bisa di pilih sesuai dengan waktu yang kamu punya. Lampir kan jadwal kerjamu mu pada saat melamar.

4. Periksa iklan di koran. Banyak perusahaan kecil yang beriklan lowongan kerja di koran lokal. Jadi rajin-rajin lah membaca koran siapa tahu ada pekerjaan sampingan yang cocok dengan mu.

5. Selalu siap. Bawalah beberapa informasi yang di perlukan untuk mengisi lamaran. Kita tidak akan pernah tahu kapan kesempatan itu datang, jadi kita harus selalu siap menyambut kesempatan. Bisa jadi kamu melihat lowongan pekerjaan di jalan dan melakukan wawancara singkat on-the-spot.

6. Memiliki Referensi. Paling tidak kamu harus memiliki daftar tiga referensi termasuk nama dan nomor telepon dan alamat email yang siap diberikan kepada pewawancara. Tetapi jika tidak memiliki referensi sama sekali, kamu bisa menggunakan orang-orang yang bisa menjamin mu seperti saudara, teman atau tetangga.

7. Jauhkan Track. Buatlah daftar perusahaan yang akan di lamar. Setelah selesai melakukan sesi wawancara jangan lupa untuk menuliskan nama-nama para pewawancara. Sebagian dari kita adalah orang yang mudah lupa. Dengan cara ini akan membuat mu lebih siap, jika mendapatkan panggilan telepon kelanjutan dari wawancara.

8. Dapatkan Bantuan. Memanfaatkan layanan gratis yang menyediakan informasi lowongan kerja seperti http://www.lowongan.id/, dan Departemen Tenaga Kerja negara kantor.

9. Gunakan relasi mu. Ada beberapa lowongan pekerja yang tidak diiklankan. Di saat seperti ini gunakan relasi mu, beritahu mereka bahwa kamu sedang mencari pekerjaan. Tanyakan apakah mereka dapat membantu.

Demikian tips mencari kerja sampingan. Selamat mencoba, semoga segera mendapatkan pekerja yang sesuai dengan yang kamu inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *