8 Tips Sukses Dalam Job Fair

School: CJF; Categories: Event; Event: Jewish Job Fair; Keywords: ; ID: ;

Job fair merupakan acara yang ditunggu-tunggu oleh para pencari kerja. Ada banyak perusahaan yang ikut serta, dengan mendatangi acara ini kamu memiliki kesempatan untuk melamar kebanyak perusahaan. Meski kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan di Job Fair lebih mudah, namun keterbatasan waktu yang dimiliki para pelamar kerja yang datang kurang bisa mengoptimalkan event ini untuk mencari lowongan kerja.

Bagi kamu yang akan mengikuti job fair ada beberapa tips buatmu agar sukses mengikuti even ini. Berikut 8 tips sukses dalam job fair:

1. Menggunakan baju profesional
Aturan umum saat melamar pekerjaan adalah berpakaian sesuai dengan pekerjaan yang dilamar. Yang artinya kamu harus mengenakan jas dan dasi atau kemeja polos, atau baju berkerah. Rencanakan pakaian yang akan digunakan menghadiri job fair minimal sehari sebelumnya. Pilih warna yang menonjolkan jiwa profesionalmu dan pastikan itu merupakan bajumu yang terbaik dan nyaman. Jika menggunakan Sneakers dan sandal jepit tentu kamu tidak akan pernah diterima.

2. Mencari tahu informasi perusahaan
Sebelum mengikuti job fair cari tahu perusahaan mana saja yang akan hadir di sana. Cari tahu juga apa produk atau jasa mereka? Siapa pelanggan yang mereka layani? Apa jenis posisi yang ada dalam perusahaan? Keterampilan apa yang mereka cari? Cari tahu lebih dalam tentang perusahaan yang paling cocok untuk keahlian dan pengalamanmu.

3. Pilih perusahaan pilihanmu
Kamu mungkin tidak akan mempunyai waktu yang cukup untuk berbicara dengan semua orang. Lihatlah catatan-catatan penelitianmu sesuai dengan yang dibahas dipoin sebelumnya dan buatlah keputusan perusahaan mana saja yang akan kamu pilih. Oke saatnya memulai mengunjungi satu persatu pilihanmu dan ada baiknya perusahaan yang benar-benar kamu anggap penting sebaiknya di kunjungi terakhir. Dengan cara ini akan mengurangi kegugupanmu saat menampilkan diri ke perusahaan yang benar-benar penting.

4. Membawa resume-mu
Jangan lupa untuk membawa salinan resume sebanyak mungkin yang dicetak dengan kertas dan tinta berkualitas bagus. Pastikan resume-mu ditargetkan untuk jenis pekerjaan yang kamu cari, berfokus pada prestasi, bukan tanggung jawab, dan tidak lebih dari dua halaman. Beberapa atasan saya berbicara bahwa mereka sering menerima resume yang panjang dengan 5-10 halaman!. Jangan melipat resume-mu atau tempatkan dalam amplop agar tetap rapi!.

5. Kenali tujuan mengikuti job fair
Tujuan utama dari menghadiri job fair adalah untuk mengumpulkan informasi. Apakah mereka mencari karyawan? Apa saja tantangan yang mereka hadapi saat ini? Apa jenis posisi yang ada dalam perusahaan?. Jika saat menghadiri job fair berharapmu adalah untuk mendapatkan tawaran pekerjaan, kamu mungkin akan kecewa. Jika tujuanmu menghadirinya untuk mengumpulkan informasi, kamu akan selalu mendapatkannya!. Satu kata peringatan, ini bukan waktu atau tempat untuk bertanya, “Apakah kamu akan dibayar?” Atau “Apa manfaat bagimu?” Topik ini sebaiknya dibicarakan ketika tawaran telah dibuat.

6. Jaga sikapmu
Saat memasuki job fair hindari merokok atau mengunyah permen karet. Berikan selalu kesan terbaik untuk mereka dan berjabat tanganlah dengan penuh percaya diri. Tersenyumlah selalu dan lakukan kontak mata. Jangan lupa untuk mematikan ponselmu.

7. Membuat tujuanmu di kenal
Tak jarang banyak yang datang hanya untuk mengumpulkan barang-barang promosi gratis. Perkenalkan dirimu dan apa tujuanmu berada di sana. Ajukan pertanyaan dan catat hal-hal penting yang didapat.

8. Mengumpulkan kartu nama
Meminta kartu nama pada semua orang yang kamu ajak berbicara. Kamu bisa menghubungi dan menjalin relasi dengan mereka setelah acara dan siapa tahu kamu bisa mendapatkan pekerjaan.

Demikian 8 tips sukses dalam job fair. Semoga bermanfaat.

Cek juga informasi lowongan kerja terbau diĀ http://www.lowongan.id/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *