7 Tips Simpel Cari Kerja Menggunakan Media Sosial

Anda sedang mencari kerja tidak ada salahnya ada menggunakan media sosial. Mengapa? Karna media sosial merupakan tempat yang tepat untuk menemukan pekerjaan yang diinginkan.

Selain itu beberapa keuntungan bagi perusahaan yang melakukan recuitment melalui cara ini. Salah satunya adalah low cost atau bahkan nyaris tanpa biaya. Hal ini yang menjadikan banyak perusahaan lebih memilih recuitment melalui media sosial. Jadi bagaimana cara memanfaatkan media yang satu ini untuk memeperoleh pekerjaan?. Berikut ini akan Kami berikan 7 tips simpel menggunakan media sosial untuk mencari kerja:

1. Buatlah profil yang menjual

Ada beberapa poin penting yang harus ditulis di profil yaitu riwayat pendidikan dan pekerjaan untuk memudahkan para pencari kerja mengetahui apa saja yang telah Anda lakukan selama ini. Profil Anda menunjukan mengenai apa saja yang telah Anda capai selama ini.

Ada 3 media sosial yang wajib Anda gunakan untuk mencari kerja yaitu Twitter, Facebook dan Linkedln. Buatlah semua profil di ketiga akun tersebut semenjual mungkin. Dan jangan lupa untuk memperlihatkan kekuatan dan keahlian, serta apa yang bisa Anda tawarkan untuk perusahaan.

2. Bergabung dengan jaringan

Bergabunglah kedalam jaringan yang sesuai dalam keahlian Anda. Di sana Anda akan mendapat berbagai informasi. Terkadang mereka juga membagikan info lowongan pekerjaan yang tentunya sesuai dengan keahlian Anda.

Ikuti grup dengan penuh semangat, lalu perkenalkan diri Anda. Bangun reputasi Anda dengan membagikan beberapa konten yang berguna bagi jaringan Anda.

3. Atur profil Anda menjadi public

Ubahlah informasi profil Anda menjadi Public. Agar orang yang tidak bertememan dapat melihat informasi profil Anda. Jika ada yang ingin merekrut Anda,  mereka akan mudah menghubungi Anda melalui kontak yang tertera pada profil Anda.

4. Cek akun media sosial perusahaan

Hampir seluruh perusahaan memiliki akun media sosial Facebook, Twitter dan Linkedln. Anda bisa mengunjungi akun–akun  tersebut. Biasanya saat perusahaan membuka recuitment mereka akan membagikan informasinya di sana. Jadi rajin–rajin lah mengintip akun perusahaan, mungkin Anda sedang beruntung saat mengintip dan menemukan poster recuitmen pekerjaan.

5. Cantumkan Hyperlink Resume Anda

Menulis resume tidak akan cukup jika Anda tulis diprofil tentu tidak akan terlihat menarik. Anda bisa menulis resume di SlideShare.net, QR codesatau membuat situs sendiri dan masukan linknya ke profil media soSial Anda. Hal ini membantu perusahaan melihat resume Anda

6. Buatlah Daftar

Facebook memungkinkan pengguna untuk membuat beberapa daftar, sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Sehingga Anda dapat membuat daftar terpisah untuk teman-teman dan kontak profesional. Dengan cara ini, kontak profesional Anda akan memiliki akses ke hanya itu informasi yang ingin mereka lihat. Untuk membuat daftar baru di Facebook, Anda dapat pergi ke Account, kemudian teman-teman dan kemudian klik Buat Daftar Baru. Facebook memungkinkan Anda untuk mengatur pengaturan privasi Anda sesuai dengan kebutuhan Anda. Ini adalah strategi yang baik untuk diadopsi oleh pencari kerja untuk mencari pekerjaan.

7. Googling diri Anda sendiri

Cobalah Anda googling nama Anda sendiri dan lihatlah hasilnya. Apakah muncul konten–konten yang tidak pantas. Mungkin seperti foto yang tidak pantas saat Anda duduk di bangku sekolah dulu. Karna bisa jadi perusahaan mulai mencari tahu tentang Anda melalui google. Jika Anda menemukan hal–hal yang tidak pantas segeralah hapus.

Jadi, jika Anda belum membuat profil Anda di situs media sosial Twitter,Facebook dan Linkedln, segeralah. Dan terapkan ke 7 tips yang telah kami bagikan.

One Comment

  1. […] 4.    Jejaring sosial Banyak akun media sosial yang menginformasikan lapangan pekerjaan seperti twitter, linkedin dan facebook. Segera follow akun-akun perusahaan yang ada di ketiga media sosial tadi. Biasanya perusahaan membagikan info lowongan kerja diakun resmi mereka. Selain itu kamu juga bisa menulis status tentang diri kamu yang sedang mencari pekerjaan. Tidak perlu malu, karena kamu memang butuh pekerjaan. Mau tahu cara menggunakan jejaring sosial yang baik? simak artikelnya disini. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *