7 Tips Jitu Manajemen Kesehatan Mental yang Harus Kamu Baca

manajemenkesehatan

Kesehatan mental dapat mempengaruhi kesehatan fisik. Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Untuk mencegah ganggungan kesehatan mental yang berdampak buruk, berikut kami ulas tujuh tips jitu manajemen kesehatan mental:

1. Bekerja sesuai bakat dan minat. Ketika bekerja sesuai dengan bakat dan minat, berarti kamu telah menyalurkan hobi yang dimiliki sekaligus menghasilkan uang. Jika kamu seorang yang kreatif dan senang menggunakan teknologi, mungkin pekerjaan sebagai desain grafis cocok untukmu. Dengan melakukan apa yang disukai, semua akan jadi lebih mudah. Ketika kamu berhasil membuat karya yang bernilai tinggi, akan ada kepuasan tersendiri yang tidak akan bisa didapatkan dari hal lain.

2. Membuat jadwal. Jadwalkan kegiatan yang akan kamu lakukan selama satu minggu, ini akan membantumu dalam menjalani rutinitas sehari-hari selain itu juga mengatur waktumu agar lebih efektif dan efisien. Tuliskan juga kegiatan seperti belanja setiap hari jumat atau mencuci pakaian kotor pada hari sabtu.

3. Jangan kesehataan fisik. Tubuh yang sehat akan membuat pikiran menjadi sehat juga. Masukan kegiatan jalan-jalan dan pergi ke gym kedalam daftar rutinitas mingguan. Pergi bersama teman akan terasa lebih menyenangkan.

4. Beri penghargaan padi diri sendiri. Setelah menyelesaikan beberapa pekerjaan yang berat cobalah memberi sebuah penghargaan pada diri sendiri. Misalnya dengan membeli sesuatu yang telah lama kamu inginkan atau pergi menonton film.

BACA JUGA: MANAJEMEN STRESS 10 TIPS UNTUK MENCEGAH STRESS DITEMPAT KERJA 

5. Luangkan waktu untuk diri sendiri. Pernahkan berpikir untuk meluangkan waktu untuk diri sendiri? Kita semua membutuhkan waktu untuk beristirahat dan mengisi kembali energi kita setelah menyelesaikan beberapa pekerjannya. Tidak hanya mengisi energi berupa tenaga namun juga kreativitas, pikiran yang lebih tenang dan pemikiran-pemikiran positif lainnya yang dapat mewarnai harimu. Hal ini juga akan menghindarimu terkena stress akibat pekerjaan.

6. Bergaul dengan orang-orang yang positif. Secara tidak sadar, orang-orang di sekeliling kita mempunyai pengaruh yang besar terhadap kehidupan kita. Misalnya bergaul dengan orang-orang yang memiliki sifat pesimis, maka tanpa disadri kita menjadi pemsimis. Sikap positif akan menjadikan kita tetap bisa menjalani kehidupan yang sulit dengan baik.

7. Jaga suasana lingkungan kerjamu. Lingkungan kerja sangat mempengaruhi suasana hatimu. Menjaga ruang kerja tetap bersih akan membantumu untuk tetap fokus pada pekerjaan. Hal-hal lain yang dapat menjaga suasana hatimu seperti makanan ringan, playlist yang berisi lagu-lagu favoritmu, menaruh tanaman di meja kerja dan hal-hal lain yang akan membuatmu merasa lebih nyaman sepanjang hari.

Demikian tujuh tips jitu manajemen kesehatan mental. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *