7 Kunci Utama Menjadi Seorang Manajer yang Sukses

Tugas dari seorang manajer adalah mengarahkan bawahan untuk bisa bekerja dengan baik sesuai dengan kemampuannya. Berikut 7 Kunci utama menjadi seorang manajer yang sukses:

1. Mendelegasikan tugas dengan tepat
Mendelegasikan tugas dengan tepat adalah salah satu cara menjadi manajer yang sukses, tetapi sangat disayangkan karena masih banyak manajer yang tidak memperhatikan hal ini. Mendelegasikan tugas secara tepat dan merata kepada anggota tim yang lain akan meringankan beban kerja yang terlalu menumpuk. Selain itu, mendelegasikan sesuatu kepada orang lain akan membantu meningkatkan kemampuan dan juga kepercayaan diri dari orang tersebut yang pada akhirnya bisa bermanfaat bagi kinerja kerjanya.

2. Tetapkan standar dan aturan
Setiap karyawan membutuhkan standar dan aturan yang jelas. Untuk itu Para manajer hendaknya menciptakan standar dan aturan yang jelas yang perlu diketahui oleh para bawahan. Agar karyawan dan manajer bisa melakukan tugas dengan baik tanpa adanya kesalahpahaman. Penetapan standar ini bisa dibuat berdasarkan masukan dari para karyawan itu sendiri. Selain itu, penetapan standar bisa diperjelas menjadi lebih jauh menjadi penetapan tujuan yang ingin dicapai bersama.

3. Kemampuan berkomunikasi
Banyak manajer yang tidak dapat berkomunikasi dengan baik. Padahal kemampuan berkomunikasi adalah hal wajib yang dimiliki oleh para manajer. Karena para manajer merupakan jembatan informasi antara karyawan dan atasan. Saat manajer tidak dapat berkomunikasi dengan baik akan menyebabkan karyawan tidak up to date pada berita terbaru yang terjadi di perusahaan, yang akan menyebabkan miss komunikasi dan perusahaan tidak berjalan baik. Komunikasi ini sendiri bisa dilakukan dalam berbagai cara baik secara lisan maupun tulisan.

4. Mempunyai waktu untuk karyawan
Terkadang seorang karyawan ingin berbicara dengan manajer mengenai kesulitan pekerjaan yang sedang dihadapinya. Pastikan bahwa kamu akan menyisihkan waktu untuk mendengarkannya. Meninggalkan pekerjaan sejenak, meletakkan smartphone, dan fokus pada orang yang berdiri di depan Anda.

5. Mengakui prestasi karyawan
Setiap karyawan ingin melakukan pekerjaan dengan baik. Dan ketika mereka melakukan pekerjaan dengan baik, karyawan menginginkan pengakuan dari atasan mereka. Mengenali Pencapaian yang ada setelah adanya penetapan aturan dan tujuan yang jelas, hendaknya para manajer belajar untuk mengenali pencapaian yang dilakukan oleh para bawahan. Tidak hanya berhenti pada upaya mengenali pencapaian, salah satu cara menjadi manajer yang sukses adalah kemampuan untuk memberikan penghargaan kepada mereka yang berhasil melakukan pencapaian tersebut.

6. Solusi jangka panjang
Tidak peduli betapa sulitnya masalah, selalu ada solusinya. Hendaknya seorang manajer mampu membuat kebijakan untuk bisa mengatasi masalah yang datang. Namun, solusi yang dihasilkan nantinya tidak hanya menyelesaikan masalah sesaat tetapi juga untuk jangka panjang dan tidak menimbulkan masalah baru. Untuk itu cobalah untuk mengatasi akar permasalahan dan bukan hanya gejala permasalahan yang timbul.

7. Ciptakan suasana kantor yang nyaman
Suasana kantor yang kurang nyaman akan meningkatkan stress ditambah lagi beban kerja seorang manajer memang sangatlah besar. Seorang manajer bisa meminimalisir masalah ini dengan cara menciptakan suasana dan lingkungan kerja yang nyaman dan menyenangkan.

Seorang manajer memiliki tanggung jawab yang besar. Namun, dengan tetap disiplin dalam melakukan tugas, akan membuat seorang manajer lebih mampu melakukan pekerjaannya dengan maksimal dan membuat dirinya menjadi manajer yang lebih baik.  Tertarik menjadi manajer?  bisa mencari lowonganya di http://www.lowongan.id/kerja/manajer/di-all.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *