7 Hal Tentang Meeting Yang Harus Kamu Ketahui

meeting

Meeting merupakan bagian dari dunia kerja yang sangat penting. Bagaimana agar meeting dapat berjalan lancar?. Untuk menjalani meeting dengan sukses kamu harus mengetahui beberapa aturan meeting. Berikut adalah 7 aturan Meeting yang harus diketahui:

1. Mulai tepat waktu
Biasakan memulai meeting tepat waktu. Jika jadwal meeting jam 10 pagi tepat, berapapun orang yang sudah hadir. Tutup pintu dan mulailah rapat. Sehingga mereka yang telat akan segan untuk mengulanginya dan berusaha hadir tepat waktu.

2. Agenda
Buatlah catatan tentang apa yang akan kamu selesaikan di meeting nanti. Sehingga meeting berjalan terarah dan tepat waktu.

3. Pertemuan Kecil
Cobalah untuk membatasi pertemuan untuk 5-7 orang jika memungkinkan. Ketika pertemuman dihadiri terlalu banyak orang, akan menjadi tidak efektif dan beberapa peserta hanya menjadi penonton.

4. Jadi Timekeeper
Meeting kadang menjadi tempat curhat jika topiknya berhubungan dengan pergaulan sosial sehari-hari. Jangan ragu mengingatkan rekan kerja yang terlalu lama bercerita dan akhirnya malah melenceng dari topik. Malah jika kita yang memimpin rapat, tentukan durasi waktu untuk masing-masing peserta yang ingin mengutarakan pendapatnya.

5. Berkontribusi
Usahakan untuk selalu aktif di setiap meeting dengan memberikan ide-ide. Jika kamu selalu aktif dan berkontribusi kamu akan di undang di setiap rapat.

6. PowerPoint
Ketika membuat powerpoint buatlah menarik dengan lebih banyak gambar dari pada kata-kata. Jika akan menambahkan kata-kata ke dalam slide buatlah maksimal 140 karakter.

7. Tempat meeting
Ketika meeting hanya dihadiri beberapa orang, tidak ada salahnya meeting di luar ruangan rapat seperti cafe, restauran, dll. Hal ini bisa mengurangi kejenuhan dan memberikan suasana baru.

Demikianlah 7 hal tentang meeting yang harus kamu ketahui. Dan jika kamu akan meeting, ingatlah aturan tadi ya. Supaya meeting kamu berjalan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *