7 Cara Mudah dalam Mengelola Karir

carer

Kesuksesan dalam bidang karir seperti bidang-bidang kehidupan lainnya akan lebih mudah diraih jika diawali dengan pengelolaan yang baik. Jadi, bagaimana cara mengelola karir?. Berikut adalah tujuh cara mudah mengelola karir yang layak kamu coba:

1. Tetapkan tujuan
Saat kamu tahu apa yang kamu inginkan tentu akan lebih mudah untuk mencapainya. Untuk itu cobalah membuat daftar target, cara dan waktu untuk mencapai tujuan tersebut. Hal ini akan membuat lebih fokus dalam mencapai tujuan. Selain itu bisa menjadi tolak ukur kemajuan karir kamu. Apakah kemajuan karir kamu berjalan secara cepat atau lambat?.

2. Saran dan kritik
Carilah orang yang dapat memberikan saran dan kritik secara jujur tentang dirimu. Tentunya orang tersebut harus mengenal diri kamu. Saran atau kritik yang didapat jangan ditelan mentah-mentah. Tampung dulu dan kemudian renungkan apakah memang benar jika iya segeralah perbaiki. hal ini akan membantu kamu mencapai tujuan yang diinginkan. Intinya kamu harus terbuka dan selalu memperbaiki diri.

3. Prestasi
Kamu harus menunjukkan bahwa kamu memiliki keahliaan. Seperti keahliaan  bernegosiasi, presentasi, membuat analisis dan sebagainya.

4. Dokumentasikan pekerjaan kamu
Mungkin kamu pernah mengerjakan proyek besar dan itu merupakan keberhasilanmu. Jangan lupa untuk membuat dokumentasinya. Karna hasil pekerjaanmu itu bisa menjadi portofolio nantinya. Dan untuk menghindari kehilangan data, jangan lupa backup datanya ke dropbox.

5. Konsisten Dalam Bekerja
Usahakan untuk terus konsisten dalam bekerja guna mempertahankan kesuksesan yang berhasil kamu raih dalam karir. Jika kamu kehilangan konsisten bisa-bisa kualitas kerja kamu menurun. Hal ini akan berdampak buruk pada karir.

6. Ajukan diri
Ketika manajer kamu memberitahu akan ada proyek baru dan butuh beberapa anggota untuk menanganinya. Jangan ragu untuk mengajukan diri. Biarkan manajer atau tim HR tahu bahwa kamu ingin belajar dan  memiliki pengalaman baru.

7. Networking
Saking sibuknya terkadang kita hanya terpaku pada pekerjaan saja. Sampai-sampai lupa untuk tetap membangun network dengan orang-orang baru. Cobalah luangkan waktu untuk berkenelan dan mengobrol dengan orang-orang baru. Mendapatkan kenalan baru itu akan menambah wawasan.

Nah itu tadi 7 Cara mudah mengelola karir yang layak kamu coba. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *