7 Cara Meningkatkan Semangat Kerja Karyawan yang Harus Dipahami

 

 

semangat kerja

Semangat kerja karyawan sangat penting bagi perusahaan. Karena semangat kerja yang rendah dapat menimbulkan kinerja kerja yang buruk, kerjasama yang buruk, produktifitas yang rendah, dan mengurangi omset  dan yang paling parah lagi adalah dapat menghambat pencapaian tujuan perusahaan.

Namun tidak semua karyawaan memiliki semangat yang sama. Setiap orang memiliki kesukaan dan ketidaksukaan, gairah, minat dan keinginan mereka sendiri Ini menjadi tugas seorang pemimpin untuk belajar bagaimana meningkatkan semangat kerja mereka untuk secara bersamaan memenuhi tujuan organisasi, serta tujuan dari setiap karyawan.

Berikut 7 cara meningkatkan semangat kerja karyawan yang harus dipahami:

1. Buatlah apa yang karyawan lakukan lebih dari sebuah pekerjaan
Setiap orang menginginkan setiap hal yang mereka kerjakan memiliki tujuan yang besar. Tujuan tersebut kadang menghilang seiring dengan rutinitas kerja sehingga mereka tidak merasakannya lagi. Snagajob.com (sebuah situs lowongan kerja yang berbasis di Glen Allen, Virginia) mengatakan untuk menjaga hal tersebut adalah dengan berbagi cerita “Saya mendapatkan pekerjaan!” yang akan menunjukkan nilai dari pekerjaan mereka.

2. Luangkan waktu untuk merayakan keberhasilan secara kreatif
Biasanya orang akan berfokus pada hal yang akan dicapai ketimbang melihat kembali apa yang telah mereka capai. Luangkan waktu dan renungkan apa saja yang sudah kamu capai selama ini dan berikan apresiasikan kepada karyawan sebagai penghargaan atas apa yang sudah mereka lakukan dalam mencapai tujuan perusahaan.

Setiap departemen di Acuity, sebuah perusahaan financial yang berbasis di Sheboygan, Wisconsin diminta untuk membuat list setiap tahun mengenai apa yang sudah mereka capai dan list tersebut akan di review oleh sebuah tim di Acuity untuk dipilih sebagai 100 pencapaian yang luar biasa. List tersebut akan di desain menjadi sebuah buku dan dibagikan kepada setiap karyawan mereka.

3. Berikan waktu agar karyawan bisa mengerjakan proyek yang mereka sukai
Mengerjakan proyek pribadi yang mereka sukai dapat memberikan energi tambahan selain itu hal ini dapat menjadikan sumber inovasi untuk perusahaan. Atlassian sebuah perusahaan pengembangan software yang berbasis di Sydney mendorong kreatifitas pada saat “FedEx Day”. Selama event ini, semua karyawan mereka diberikan kesempatan untuk mengerjakan apa pun yang mereka anggap menyenangkan selama hal tersebut masih berhubungan dengan proses atau produk Atlassian dan dapat diselesaikan dalam waktu yang sudah ditentukan. Karyawan memiliki waktu dari jam 2 siang pada hari kamis hingga jam 4 sore pada hari jumat, untuk menyelesaikan proyek yang mereka kerjakan. Kemudian mereka dapat mempresentasikan hasil kerja mereka. Dari kegiatan ini Atlassian mengadopsi lebih dari puluhan proyek, mulai dari peningkatan produk hingga peningkatan proses.

4. Mengadakan acara rutin internal
Rutinitas kerja setiap hari seringkali membuat kebosaan sehingga motivasi karyawan turun, tetapi kamu bisa membangun semangat kerja karyawanmu di kantor. Contohnya perusahaan akunting Ehrhardt Keefe Steiner & Hottman yang berbasis di Denver menggunakan konsep lingkungan tetangga untuk melakukan hal tersebut. Semua karyawan yang berjumlah 387 membentuk sebuah lingkungan tempat tinggal berdasarkan lantai atau divisi yang ada di kantor. Grup ini kemudian menghabiskan waktu bersama untuk meeting membicarakan acara yang diadakan oleh kantor. Contohnya, jika perusahaan mengadakan turnamen basket, maka setiap grup harus membentuk sebuah tim basket (berikut nama timnya), membuat jersey, mascot, dan cheerleader.

5. Jangan lupa untuk bersenang – senang
FatWallet perusahaan diskon online yang berbasis di Rockton, menjadikan kesenangan bagian dari jadwal rutinitas. 55 karyawan mereka diundang untuk bermain dalam acara “Monthly Game Day”, sebuah kegiatan kompetisi internal mulai dari bermain board game Trivial Pursuit hingga pertandingan bowling menggunakan wii. Perusahaan juga memberikan hadiah “fun” ketika karyawan mereka mencapai target tertentu seperti menonton permainan hockey, bermain di taman ria, dll.

6. Kembangkan sikap positif para karyawaan
Pada saat resesi di tahun 2009, semangat karyawan menjadi pokok permasalahan yang besar bagi 4Imprint, sebuah perusahaan yang membuat produk promosi. Divisi training pada perusahaan tersebut memutuskan untuk meningkatkan semangat kerja karyawan dengan cara menyiapkan kelas bagi 419 karyawan untuk menonton dan mendiskusikan video dengan tema yang menginspirasi seperti kembalinya Lance Amstrong’s dari sakit kanker dan budaya ramah pada Southwet Airlines.

7. Berikan mereka waktu untuk melakukan sesuatu yang baik
Cara lain untuk membangun semangat karyawan adalah melalui kegiatan pelayanan untuk komunitas. Studer Group perusahaan konsultan manajemen memberikan 4 jam waktu untuk 114 karyawan dalam sebulan untuk berpartisipasi dalam kegiatan amal yang mereka pilih.

Demikian 7 cara meningkatkan semangat kerja karyawan yang harus dipahami. Semoga bermanfaat. Jangan lupa kunjungi http://www.lowongan.id/untuk informasi lowongan kerja terbaru dan terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *