6 Tips Manajemen Stress yang Bisa Kamu Pakai Di Kantor

Mengalami stress di tempat kerja adalah hal yang wajar. Tetapi jika kamu merasakan stress yang berlebihan tentunya akan mengganggu produktivitasmu, serta berdampak pada kesehatan fisik dan emosional.

Manajemen stres adalah kemampuan untuk mengendalikan diri terhadap situasi, orang-orang, dan kejadian-kejadian yang ada memberi tuntutan yang berlebihan. Mengelola stress di tempat kerja memang bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa cara untuk mengendalikan stress. Berikut 6 tips manajemen stress yang bisa kamu pakai di kantor:

1. Rencana ke depan
Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan, tetapi kamu bisa merencanakan dan mengusahakan seperti apa masa depan yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk melakukan persiapan terhadap beberapa kemungkinan yang akan terjadi dan bagaimana cara menanganinya. Seperti sebuah rumus sederhana, “Jika X terjadi, aku akan melakukan Y,”.

2. Fokus pada satu hal di satu waktu
Banyak orang melakukan multitasking dengan alasan lebih efisien, pada hal sebenarnya sangat tidak efisien. Cobalah untuk fokus pada salah satu tugas hingga selesai, kemudian lanjutkan dengan mengerjakan tugas berikutnya.

3. Menjadi flexible
Tidak peduli seberapa matang nya kita merencanakan, akan selalu ada kemungkinan munculnya situasi yang di luar rencana kita. Saat hal terjadi, sebaiknya luangkan waktu untuk berpikir kembali apa yang harus dilakukan dan mempersiapkan metode baru untuk menangani masalah baru.

BACA JUGA: 4 TIPS JITU MENGELOLA BEBAN KERJA DAN KESEHATAN DIRIĀ 

4. Menetapkan prioritas
Tidak semua tugas sama pentingnya. Menetapkan prioritas akan membantu mu dalam manajemen stress. Prioritaskan berdasarkan tugas yang paling penting.

5. Beristirahat sejenak
Ketika merasa jenuh dan lelah dengan pekerjaan, ambillah istirahat sejenak. Berjalan-jalan di sekitar kantor sambil melihat pepohonan akan menyejukkan mata dan menyegarkan pikiran. Saat pikiran kembali segar, kamu akan kembali bersemangat untuk bekerja.

6. Pengendalian nafas
Setiap kali merasa cemas, nafas kita cenderung lebih cepat mungkin disertai dengan histeria atu serangan panik. Ini disebut hiperventilasi, dan hal ini dapat membuat kita merasa pusing, dan panik. cobalah menghirup nafas dalam-dalam melalui hidung dan lepaskan dari mulutmu. Tindakan itu bisa mengurangi rasa cemas mu.

Demikian 6 tips manajemen stress yang bisa kamu pakai di kantor. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *