6 Cara Mudah Mengatur Fokus Di Tempat Kerja

fokus kerja

Menjaga fokus di tempat kerja membutuhkan usaha yang sangat keras. Banyak faktor ganggungan yang muncul di lingkungan kerja. Berikut enam cara mudah mengatur fokus di tempat kerja:

1. Tetap nyaman
Untuk menjadi tetap nyaman di meja kerja, coba periksa kursi dan meja. Pastikan sudah berada pada ketinggian optimal sehingga saat bekerja terasa nyaman.

2. Atasi kebisingan
Suasana yang bising merupakan salah satu faktor yang menimbulkan ketidaknyamanan. Carilah cara agar kebisingan tidak mengganggu saat bekerja.
Salah satu trik yang dapat dilakukan untuk menghalangi kebisingan adalah dengan memakai headphone atau earphone sebagai penutup telinga.

3. Sarapan
Melupakan sarapan membuatmu lapar di tengah-tengah kerja dan ini akan mengalihkan perhatianmu dari pekerjaan. Maka janga lupa untuk sarapan sebelum berangkat kerja. Sarapan yang sehat dapat membantumu fokus di tempat kerja. Menyantap makanan sehat dapat menjaga energimu sepanjang hari.

4. Jangan multitasking
Fokus pada satu tugas pada satu waktu akan membuat dirimu benar-benar produktif. Pergeseran dari satu tugas ke yang lain setiap beberapa menit akan menimbulkan kontra-produktif dan kamu lebih cenderung menghabiskan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut. Untuk itu bekerja secara multitasking tidak dianjurkan.

BACA JUGA: 6 CARA JITU MENEMUKAN WAKU LIBURAN DALAM JADWAL SIBUK

5. Matikan aplikasi chatting
Tekadang kita tergoda untuk chatting dengan tema atau rekan disaat jam kerja entah itu bergosip atau membicarakan hal lainya. Sehingga mematikan program chatting ketika sedang bekerja adalah hal yang sangat dianjurkan.

6. Membuat daftar kerja
Memiliki banyak hal yang harus kamu kerjakan ditempat kerja akan membuatmu kewalahan saat menyelesaikanya. Untuk mencegah hal itu kamu dapat membuat daftar kerja dan mengidentifikasi tugas-tugas yang mendesak untuk dikerjakan terlebih dahulu.

Fokus adalah salah satu aspek yang paling penting saat sedang bekerja. Sayangnya, sulit untuk mempertahankan fokus terutama dengan semua gangguan yang ada di sekitar kita. Semoga tips diatas bisa membantu membuatmu bisa menjadi lebih fokus saat bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *