6 Cara Jitu Menemukan Waktu Liburan Dalam Jadwal Sibuk

liburan

Banyak orang yang bertanya bagaimana menyeimbangkan kehidupan pribadi dengan kehidupan kerja. Dikarenakan jumlah banyak orang yang masih sibuk bekerja di akhir pekan semakin bertambah dan tak bisa menikmati seluruh waktu kerjanya. Beberapa diantaranya bahkan mengatakan butuh waktu 25 jam per hari untuk menyelesaikan pekerjaannya.
Seringkali, penyebabnya datang dari kelemahan seseorang dalam mengelola waktu kerjanya sendiri. Berikut 6 cara jitu menemukan wakut liburan dalam jadwal sibuk:

1. Membuat daftar. Mungkin membuat daftar tugas merupakan hal sepele, tapi membuat daftar tugas setiap hari dapat mengefektifkan waktu. Hal ini juga akan membantu kamu memastikan bahwa kamu tidak melupakan sesuatu hal yang penting, tetapi juga akan memberikan rasa puas saat memeriksa setiap item tugas yang telah diselesaikan dengan baik. Lebih baik gunakan aplikasi yang memiliki fasilitas pemberitahuan waktu, sehingga kamu dapat mengatur waktu untuk setiap tugas.

2. Prioritaskan. Membuat prioritas pada tugas merupakan hal penting karena kadang-kadang kamu tidak memiliki cukup waktu dalam sehari untuk menyelesaikan semua tugas yang ada. Dengan cara ini kamu akan dapat menyelesaikan tugas dengan baik, dan juga akan mengurangi tingkat stres yang diakibatkan pekerjaan yang menumpuk dan tak kunjung terselesaikan.

3. Jadwalkan liburan. Menjaga keseimbangan antara kerja dan hidup juga merupakan hal yang penting. Meluangkan waktu untuk kegiatan di luar kantor yang sama sekali tidak hubungannya dengan pekerjaan adalah hal yang penting bagi kelangsungan hidup kamu. Sayangnya, sebagian besar dari kita tidak berpikir waktu luang sebagai sesuatu yang harus dijadwalkan, tetapi  sesuatu yang terjadi begitu saja secara spontan. Berhentilah untuk menunggu tanggal merah untuk liburan. Jadwalkan liburan kamu disela-sela jadwal kerja kamu.

BACA JUGA: 10 TIPS UNTUK MENCEGAH STRESS DITEMPAT KERJA

4. Berhenti multitasking. Multitasking adalah istilah yang digunakan ketika kita megerjakan beberapa pekerjaan sekaligus dalam satu waktu, banyak orang berfikir melakukan multitasking saat bekerja adalah hal yang efektif. Tetapi pada kenyataanya otak kamu tidak mampu berfokus lebih dari satu tugas sekaligus. Pada hal setiap kali kamu beralih dari satu tugas ke tugas lain, otak kamu harus benar-benar mengingat kembali apa yang harus dilakukannya, ini berarti sama halnya dengan membuang-buang waktu dan memaksa otak kamu bekerja keras, ini juga bisa mengakibatkan munculnya stress.

5. Kerjakan dengan segera. Hentikan kebiasaan menunda pekerjaan, jika kamu mempunyai waktu untuk menyelesaikan pekerjaan lakukan sekarang juga. Ini juga merupakan cara meringankan beban kerja dan menghindari pekerjaan menumpuk.

6. Maksimalkan waktu tunggu. Sadarkah kamu jika kamu membuang begitu banyak waktu menunggu. Menunggu janji dokter, rapat, penerbangan dan lain-lain. Saat kamu sedang dalam kondisi menunggu cobalah duduk, santai dan bernapas, atau jika kamu harus mengisi kekosongan dengan sesuatu, bawalah buku bacaan atau menelepon teman.

Bagaimana sekarang apakah kamu sudah memiliki waktu libur disela-sela pekerjaan yang super padat?. Yang paling peting, kamu harus bisa menyeimbangkan anatara kehidupan kerja dan pribadi agar kehidupan kamu seimbang.

Jangan lupa untuk mengikuti informasi terkini seputar lowongan kerja hanya di http://www.lowongan.id/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *