6 Alasan Penting Kenapa Kamu Harus Makan Siang

makan_siang

Belakangan ini saya telah memperhatikan bagaimana cara saya menghabiskan waktu istirahat makan siang, ternyata hal ini sangat mempengaruhi seberapa produktifnya saya saat kembali ke meja kerja. Seperti seberapa cepat saya memulai bekerja kembali setelah saya kembali ke meja kerja, seberapa efektif saya pada satu jam pertama setelah makan siang, dan apa yang saya rasakan sepanjang siang.

Banyak orang mengabaikan waktu makan siang begitu saja pada hal ini sangat mempengaruhi produktif kerja setelah makan siang. Jadi manfaatkan jam makan siang mu se efektif mungkin agar tidak sia-sia. Berikut 6 alasan penting kenapa kamu harus makan siang:

1. Makan menjadikan fungsi otak lebih baik

Melupakan makan siang hanya karena kamu sedang mengikuti program diet atau kamu tidak mempunyai waktu untuk makan siang karena sibuk bekerja. Sebaiknya jangan lakukan hal ini, se sibuk apa pun usahakan tetap menyempatkan waktu makan meski pun hanya makan camilan. Karena nutrisi yang di dapat dari makan siang terutama glukosa merupakan asupan yang kamu butuhkan untuk menjalani sisa hari mu.

Berikut adalah daftar untuk memberikan nutrisi untuk otak mu:

nutrisi otak
2. Istirahat sejenak untuk mengembalikan fokus mu
Jangan sampai kamu mengabaikan waktu makan siang mu dengan tetap duduk di meja kerja. Meskipun istirahat makan siang memiliki waktu yang pendek, manfaatkan lah dengan sebaik mungkin. Ambillah 15 – 20 menit untuk sekedar berjalan-jalan atau memejamkan mata. Hal ini dapat meningkatkan konsentrasi dan energi mu sepanjang hari sehingga kamu akan memiliki semangat yang baru saat kembali ke meja kerja.

otak

3. Fokus pada makan
Banyak orang menikmati makan siang sambil menonton, bekerja, membaca atau melakukan hal lain. Cobalah untuk fokus pada makan saat kita sedang makan. Mungkin beberapa orang berpikir jika hanya makan dan tidak melakukan hal lain rasanya seperti membuang-buang waktu. Tetapi berdasarkan penelitian baru-baru ini bahwa melakukan multitasking saat makan tidaklah efektif. Dengan hanya berfokus pada makan, maka hal ini akan membantu mu mencerna makanan dengan lebih baik dan juga membuat mu lebih efisien untuk mengerjakan tugas-tugas lainnya.

4. Alarm alami tubuh
Tahukah kamu sebenarnya kita memiliki jam tubuh internal, bisa di bilang ini adalah alarm alami di dalam tubuh mu. Jam tubuh internal kita akan membantu mengatur proses seperti tidur agar siklusnya menjadi teratur. Jam tubuh adalah sekelompok sel yang disebut suprachiasmatic Inti, yang terdiri dari spesifik “jam tubuh” gen. Mereka akan memberikan tanda pada tubuh mu, seperti mulai mengantuk. Jadi jangan abaikan saat tubuh mu memberikan alarm itu tandanya kamu harus istirahat sejenak.

alarm tubuh

5. Berolahraga
Hal lain yang ditentukan oleh jam tubuh kita adalah waktu terbaik untuk berolahraga. Waktu yang baik untuk berolahraga adalah pagi hari. Kamu akan merasa bersemangat dan segar sepanjang hari di kantor jika pada pagi hari melakukan olahraga. Olahraga memiliki banyak manfaat, termasuk mengurangi stres, meningkatkan mood dan meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri. Dan studi lain menunjukkan bahwa berolahraga dapat membuat mu merasa lebih baik dan tenang.

6. Menghabiskan waktu makan siang untuk menikmati alam
Ambillah jam makan siang mu untuk menghabiskan waktu di alam. Penelitian telah menunjukkan bahwa berjalan-jalan di taman yang cukup tenang untuk menyegarkan pikiran agar dapat kembali bekerja dengan fokus yang baru. Penelitian telah menemukan bahwa orang yang tinggal di daerah perkotaan yang cukup hijau, memiliki tingkat depresi atau kecemasan yang lebih rendah.

Demikian 6 alasan penting kenapa kamu harus makan siang. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *