5 Tips Mudah Personal Branding untuk Tipe Orang Pemalu

Personal-Branding

Dalam dunia kerja, memiliki karir yang sukses bisa disebabkan karena personal branding. Tapi bagi seorang introvert melakukan personal branding bisa jadi sangat sulit, karena mereka sangat pemalu. Apalagi mereka harus bersaing dengan orang-orang ekstrovert, yang biasanya sangat ramah, menarik dan mendapatkan energi dari orang lain.
Artikel kali ini akan membantu para introvert melakukan personal branding. Berikut adalah 5 Tips mudah personal branding untuk tipe orang pemalu:

1. Bicaralah tentang prestasi yang telah kamu raih. Orang yang memiliki sifat introvert sering tidak mendapatkan pengakuan yang layak karena mereka memiliki kesulitan untuk mempromosikan diri. Tetapi tidaklah bijak jika kamu bergantung pada orang lain untuk berbicara tentang presentasi kamu. Cobalah pikirkan baik-baik tentang apa yang dapat kamu katakan kepada orang lain tentang prestasi kamu, dan kepada siapa kamu akan mengatakanya.

2. Menjalin hubungan. Untuk menjalin hubungan yang kuat dengan orang-orang kamu harus pandai dalam berkomunikasi. Sedangkan orang introvert kurang pandai dalam berbicara dan mengungkapkan perasaan mereka. Mereka perlu memiliki mentor atau supervisor dipercaya untuk membantu mereka.

3. Berbagi ide. Kamu tidak perlu memaksakan diri untuk menjadi cerewet, tapi ketika kamu memiliki ide atau pendapat baru, katakan dan berbagilah. Ini adalah salah satu cara agar atasan mengenali kontribusi yang kamu berikan untuk perusahaan.

4. Berlatih. Jika kamu mendapat panggilan untuk wawancara atau presentasi, berlatih beberapa kali di depan cermin atau di depan teman. Semakin banyak kamu berlatih, semakin meningkatkan rasa percaya diri kamu.

5. Komunikasi online. Bisanya orang introvert memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik saat online daripada berkomunikasi secara langsung face to face. Untuk itu pastikan kamu memanfaatkan jaringan online seperti Twitter, LinkedIn, dan situs lainnya untuk memperluas jaringan kamu.

Dengan personal branding yang baik, kemampuan kamu akan diperhitungkan di kantor. Setiap orang pasti bisa mencapai sukses, termasuk kamu yang introvert sekalipun. Tetap semangat ya.

Jika kamu sedang mencari lowongan pekerjaan, kamu bisa berkunjung ke http://www.lowongan.id untuk berbagai jenis lowongan pekerjaan, lengkap dan selalu update disana. Selamat berburu lowongan kerja semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *