5 Tips Jitu Memaksimalkan Bahasa Tubuh Untuk Mencari Kerja

bahasa tubuh

Saat menjalani wawancara kerja ada banyak hal yang harus kamu perhatikan. Salah satunya mengetahui bahasa tubuh yang seharusnya dilakukan dan mana yang seharusnya tidak dilakukan. Bahasa tubuh sangat menentukan penilaian terhadap mu ketimbang kata-kata yang di ucapkan mu.Menurut penelitiannya, gerak tubuh dan ekspresi wajah memiliki pengaruh 55 persen sementara kata-kata yang diucapkan hanya 7 persen. Bahasa tubuh yang salah dapat berakibat pada kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan. Komunikasi non verbal, seperti bahasa tubuh, sikap dan prilaku mu pada saat wawancara kerja sangat memengaruhi mu dalam mendapatkan pekerjaan tersebut.

Berikut 5 tips jitu memaksimalkan bahasa tubuh untuk mencari kerja:

1. Kontak Mata
Kontak mata dapat membantu mu membangun hubungan pribadi dengan pewawancara. Lakukan kontak mata saat dengan pewawancara saat berjabat tangan dan saat berbicara atau mengajukan pertanyaan. Dengan memberikan kontak mata, secara tidak langsung hal ini menunjukkan bahwa kamu percaya diri, mendengarkan, dan ingin terlibat. Namun, bukan berarti melakukan kontak mata terus-menerus selama wawancara, di perlukan juga sebuah keseimbangan dengan mengistirahatkan kontak mata beberapa saat. Jika menatap terlalu lama, bisa-bisa kamu dianggap terlalu agresif dan hal ini mungkin membuat para pewawancara merasa gila dan menyeramkan terhadap mu.

2. Jabat tangan
Bagaimana melakukan jabat tangan merupakan hal yang penting, pewawancara bisa menilai mu dari situ. Jika saat berjabat tangan, tangan mu terasa lemas, pewawancara akan merasakan dan kamu di anggap kurang percaya diri. Berlatih lah bagaimana cara berjabat tangan yang benar mungkin bisa melakukan latihan dengan teman atau keluarga. Jabat tangan merupakan kesan pertama yang kamu berikan pada pewawancara.

3. Ekspresi
Ekspresi tak kalah penting dari kedua poin di atas. Sebagai contoh, pada saat melakukan jabat tangan pertama kali di wawancara kerja, ekspresi mu menunjukkan senyum ketika mengatakan, “Sangat menyenangkan bertemu dengan Anda.” Jadi apa pun yang kamu katakan ekspresi mu harus cocok, agar memberikan kesan yang lebih baik.

BACA JUGA: 5 TIPS AMPUH MENYAMPAIKAN PESAN DENGAN BAHASA TUBUH

4. Postur tubuh
Cara mu duduk dapat mempengaruhi bagaimana orang lain ingin berkomunikasi dengan mu. Jika saat wawancara posisi duduk mu bersandar, hal ini akan membuat pewawancara berpikir bahwa kamu orang yang malas dan tidak serius dalam wawancara. Jika posisi duduk mu terlalu ke depan, itu menandakan kamu seorang yang agresif. Bagai mana posisi duduk yang benar?, duduklah dengan tegak di kursi dengan bersandar ke depan sedikit untuk mengekspresikan bahwa kamu tertarik dan ingin terlibat.

5. Mengangguk berlebihan
Ingin menyatakan kesepakatan dan kepahaman dengan mengangguk, tidak ada salahnya yang menjadi masalah adalah jika kamu mengangguk kan kepala secara berlebihan. Hal ini akan membuat kesan bahwa kamu mudah takut dan terlihat konyol seperti bandul yang sedang bergoyang. Mengangguk lah seperlunya.

Demikian 5 tips jitu memaksimalkan bahasa tubuh untuk mencari kerja. Semoga bermanfaat.

Yuks cek info terupdate tentang lowongan kerja diĀ http://www.lowongan.id/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *