5 Tips Jitu Manajemen Karir yang Harus Dicoba

manajemenkarir

Manajemen karir yang sukses dicapai melalui kebiasaan rutin dalam membangun hubungan, terlibat dalam percakapan pengembangan karir, memperbarui rencana pengembangan karirmu dan juga pengaturan baru tujuan sebagai kehidupan dan karir membutuhkan perubahan. ini dia lima tips jitu manajemen karir yang harus kamu coba:

1. Perbarui Resume
Kamu tidak akan pernah tahu kapan kesempatan akan datang. Bahkan saat kamu tidak aktif mencari lowongan pekerjaan dan tiba-tiba ada tawarkan pekerjaan. Maka pastikan resumemu selalu update, sehingga kapanpun kesempatan datang selalu siap untuk mengambil kesempatan itu. Resume adalah salah satu dokumen yang paling penting saat melamar pekerjaan sehingga tidak seharusnya kamu mengabaikannya selama bertahun-tahun.

2. Bergabung dengan komunitas
Banyak orang mengabaikan komunitas padahal komunitas merupakan bagian terpenting dalam menunjang karir. Bergabunglah dengan komunitas dan hadirilah pertemuan rutinnya. Disana kamu akan menemukan tawaran melanjutkan pendidikan (beasiswa) serta bertemu dan berkenalan dengan para profesional top dibidangmu. Bersama mereka kamu dapat berbagi pengalaman dan menemukan peluang baru. Komunitas akan menambah nilai pada resumemu dan jaringan yang kamu buat di komunitas akan membantumu ketika  sedang meencarian pekerjaan. Jangan membangun jaringan saatnya sedang membutuhkan mereka. Mulai dari sekarang bangun hubungan dengan mereka.

3. Dapatkan mentor
Seorang mentor profesional dapat membantumu dalam mengembangkan karir dengan berbagi pengalamannya dan menawarkan saran praktis. Cari seorang mentor profesional yang sesuai dengan bidang karirmu. Hubungan mentoring adalah jalan dua arah. Jadi kamu membutuhkan seseorang yang dapat melihat potensimu dan ingin membantumu untuk tumbuh dan berhasil.

BACA JUGA: 7 CARA MUDAH DALAM MENGELOLA KARIR 

4. Menjadi seorang mentor
Apapun posisi karirmu sekarang, ada seseorang yang bisa mendapatkan manfaat dari pengetahuan yang dimiliki. Carilah orang itu dan berbagilah pengetahuan yang dimiliki. Menjadi mentor adalah kesempatan bagus untuk belajar sambil mengajar. Dengan berbagi saran dan membantu orang lain tumbuh berkembang, pada saat yang sama, tanpa sengaja kamu juga memperluas kemampuan kepemimpinanmu.

5. Dokumentasikan Prestasimu
Seiring berjalannya waktu tentunya karirmu akan semakin maju, jagan lupa untuk mendokumentasika prestasi-prestasi yang telah kamu buat. Bahkan kemenangan kecilpun harus dicatat. Jika mungkin, tetaplah back-up bukti dalam bentuk file juga. Sebagai contoh, jika menerima surat yang bagus dari klien yang berisi memuji layananmu, buatlah salinannya untuk catatanmu. Hal ini akan membantumu tetap termotivasi di masa depan ketika kamu merasa sedih. Dokumentasi ini juga akan membantumu menarik penilai selama penilaian kinerja dan wawancara kerja. Aatau referensikan proyek-proyek yang telah berhasil diselesaikan, dan kamu dapat menawarkan rincian tentang bagaimana pekerjaanmu dapat memberikan kontribusi pada perusahaan.

Semoga semua tips di atas dapat membantumu dalam memanajemen karirmu. Untuk informasi terlengkap tentang lowongan kerja bisa kamu lihat di http://www.lowongan.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *