5 Tips Ampuh Menyampaikan Pesan Dengan Bahasa Tubuh

Komunikasi memang memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari – hari. Namun tahukah kamu bahwa komunikasi dengan bahasa tubuh memegang peranan yang jauh lebih besar dari komunikasi verbal?

Komunikasi verbal berperan 7% dalam proses penyampaian pesan, sisanya 55% adalah visual (bahasa tubuh atau kontak mata), dan 33% berupa vocal (titik nada, kecepatan, volume dan nada). Dari bahasa tubuh, orang-orang dapat melihat apakah kamu seorang yang percaya diri, pintar, bersemangat, atau justru sebaliknya tanpa harus banyak berbicara.

Bahasa tubuh kerap kali dianggap sebagai salah satu penyebab gagal nya seseorang menyampaikan tujuan komunikasi nya kepada orang lain. Banyak pesan yang tidak bisa disampaikan dengan baik karena bahasa tubuhnya buruk.

Berikut 5 tips ampuh menyampaikan pesan dengan bahasa tubuh:

1. Perhatikan diri sendiri dan orang lain
Saat berkomunikasi dengan orang lain cobalah perhatikan pesan yang di kirim melalui bahasa tubuh. Apakah kata yang diucapkannya sudah sesuai dengan isyarat non verbal yang di tunjukkan? Jika tidak, maka cobalah untuk memperbaikinya. Secara intuitif orang akan mengetahui hal itu. Dalam banyak kasus, pesan non verbal yang di kirim lebih akurat daripada pesan lisan yang di sampaikan.

2. Menjaga kontak mata
Tingkatkan jumlah kontak matamu saat berbicara dengan orang lain, terutama dengan rekan kerja, atasan, atau siapa pun yang bekerja untuk mu. Membangun kontak mata sama halnya dengan membangun sebuah kepercayaan. Di sisi lain, jika menghindari kontak mata, ini akan menandakan bahwa kamu merasa tidak nyaman dengan lawan bicara mu, dan bahkan mungkin kamu sedang berkata tidak jujur.

3. Perhatikan postur tubuh mu
Postur tubuh mu secara langsung berhubungan dengan kepercayaan diri. Jika postur tubuhmu kurang meyakinkan, itu menunjukkan bahwa kamu kurang percaya diri. Selain itu sikap mu tidak akan membuat orang lain tertarik. Ketika sikap mu berdiri atau duduk tegak, maka postur tubuhmu menyampaikan pesan bahwa kamu memilik kepercayaan yang kuat.

4. Membaca audiens mu
Saat membuat presentasi untuk tim atau sekelompok orang, waspadai sikap nonverbal yang audiens kirimkan kepada mu. Jika para audiens mulai membungkuk, menguap, memeriksa smartphone mereka, atau bahkan tertidur, maka kamu harus tahu kapan saatnya melakukan sesuatu dengan segera untuk membangkitkan semangat para audiens, sehingga mereka dapat fokus kembali.

5. Mendengarkan suara mu
Terkadang saat kita berbicara kita tidak menyadari nada-nada bicara kita. Seperti seharusnya kita memberikan nada yang kuat saat akan menyampaikan sebuah pesan. Jadi perhatikan ritme, nada, infleksi, volume, dan fluktuasi pada saat berbicara.

Nah itu tadi 5 tips ampuh menyampaikan pesan dengan bahasa tubuh. Semoga bermanfaat.

Sedang mencari lowongan kerja? Kunjungi http://www.lowongan.id/ untuk informasi lowongan kerja terpercaya dan terupdate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *