5 Fakta Menjadi Volunteer (Relawan) Baik Untuk Karir-mu

volunteer

Kita semua tahu bahwa relawan mempunyai manfaat yang besar bagi masyarakat, tetapi apakah kamu menyadari bahwa beberapa manfaat dari relawan juga baik untuk pertumbuhan pribadi mu dan bahkan dapat menunjang kesuksesan karir mu?
Banyak orang yang telah menyadari bahwa menjadi relawan adalah cara yang paling tepat untuk bertemu orang baru, belajar keterampilan baru, dan mungkin bahkan bisa mendapatkan pekerjaan baru.

Berikut 5 cara fakta menjadi volunteer baik untuk karir-mu:

1. Membangun relasi baru
Menjadi relawan akan memberikan mu kesempatan untuk meningkatkan visibilitas mu di masyarakat. Biasanya orang-orang yang terlibat dalam pekerjaan relawan, beberapa dari mereka memiliki organisasi. Kamu dapat menggunakan waktu volunteer mu untuk membuat koneksi dengan para pemimpin organisasi, yang juga merupakan orang-orang senior di perusahaan tempat mereka bekerja.

2. Keterampilan dan pengalaman baru
Dengan bergabung menjadi volunteer kamu bisa mengembangkan keterampilan baru dan skill kepemimpinan.Mengapa keterampilan mu akan lebih berkembang di sana? Karena kamu bisa melatih keterampilan mu dalam kondisi tekanan rendah, risiko rendah, dan dapat belajar dari orang lain.

3. Menemukan sesuatu yang baru di dalam dirimu
Tidak ada satu pun relawan yang secara khusus mencari pekerjaan baru, tetapi di sana kamu dapat belajar banyak hal seperti belajar bekerja dengan tim, berorganisasi dan mendapatkan relasi baru. Selain itu juga menambah pengalaman menjadi relawan ke dalam resume mu, tentu hal ini akan membantu mu ketika sedang mencari pekerjaan baru. Menjadi relawan juga dapat membantu mu menjadi individu yang lebih seimbang. Kamu akan merasakan kepuasan pribadi yang besar saat menjadi relawan, dan mungkin akan membuat mu lebih bahagia dan membuat lebih percaya diri.

4. Pengalaman baru bekerja dengan tim
Hampir setiap orang yang menjadi relawan akan diminta untuk bekerja sama dengan orang lain dalam beberapa bentuk tim. Kamu mungkin sudah memiliki pengalaman bekerja dengan tim di pekerjaan tetap mu, tetapi biasanya tim relawan tidak memiliki struktur organisasi, dan bahkan aturan-aturan dasar saat bekerja. Hal ini mengharuskan mu belajar dengan sangat cepat bagaimana cara bergau dan bekerja dengan orang lain dalam tujuan bersama. Kamu tidak hanya akan meningkatkan keterampilan interpersonal dan komunikasi mu, tetapi juga akan belajar keterampilan membangun tim dan tim manajemen yang dapat di terapkan ke pekerjaan sehari-hari mu.

5. Menemukan dunia baru
Ada banyak pengalaman relawan yang dapat mengubah cara pandang mu dalam melihat dunia. Orang-orang yang secara sukarela bekerja untu memberikan bantuan kemanusiaan. Mereka akan menemukan bahwa mereka tidak hanya ingin menjadi orang yang sibuk bekerja, tetapi mereka ingin dapat mengubah dunia.

Tidak ada salahnya kan menjadi relawan, banyak manfaat yang akan kamu dapatkan. Jadi tunggu apa lagi segeralah bergabung untuk menjadi volunteer, agar kamu dapat menebar manfaat bagi banyak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *