4 Tips Simpel Mencari Kerja Menggunakan Facebook

facebook

Percaya atau tidak, rata-rata orang menghabiskan sekitar 15 jam perbulan di Facebook. Situs media sosial ini sangat populer sehingga mengungguli Google. Kebanyakan orang menggunakan Facebook untuk chatting, mengirim dan melihat status orang lain. Dengan begitu banyak waktu yang dihabiskan di situs jejaring sosial ini, mengapa tidak mencoba menggunakan untuk mencari lowongan pekerja. Bagaimana menemukan pekerjaan menggunakan facebook?.

Baca empat tips simpel mencari kerja menggunakan facebook:

1. Like dan berinteraksilah dengan perusahaan yang menjadi target
Telah banyak perusahaan yang memanfaatkan facebook sebagai media promosi produk atau jasa mereka. Bahkan beberapa perusahaan telah memiliki tim khusus media sosial yang bertugas untuk memantau posting dan komentar dihalaman facebook perusahaan. Jika kamu ingin menjadi seorang desainer grafis diperusahaan ABC, maka carilah halaman perusahaan ABC dan like halaman tersebut. Dengan begitu secara otamatis update halaman mereka akan muncul di feed beritamu. Jangan lupa untuk melakukan share dan komentar pada konten perusahaan, sebanyak yang kamu bisa. Atau bisa juga dengan mengirim pesan pribadi dan bertanya langsung jika ada lowongan pekerja yang tersedia.

2. Pasang status sedang mencari kerja
Tidak ada salahnya jika membuat status yang menyatakan bahwa kamu sedang mencari pekerjaan, siapa tahu ada temanmu yang mempunyai informasi lowongan kerja dan mau berbagi informasi denganmu. Jangan terlalu sering memposting hal ini, jika terlalu sering bisa-bisa postinganmu dianggap sebagai spam oleh orang lain, cukup lakukan 3 kali dalam seminggu.

3. Gunakan hashtag
Baru-baru ini facebook ikut menerapkan sistem hashtag seperti twitter. Hashtag mempersempit hasil pencarian dengan kata kunci tertentu. Misalnya kamu menulis status sedang mencari lowongan kerja, jangan lupa untuk menggunakan hashtag #job atau #jobs, sehingga para perekrut bisa menemukanmu. Selain itu kamu juga dapat mengetikkan hashtag dan kata kunci (#hashtag) di bar pencarian Facebook untuk menemukan kesempatan kerja.

BACA JUGA: INILAH 10 CARA MENGGUNAKAN LINKEDIN UNTUK MENDAPATKAN PEKERJAAN

4. Gunakan foto sampul untuk mencari pekerjaan
Foto sampul merupakan foto terbesar yang akan orang lihat ketika mereka mengunjungi halamanmu. Foto sampul bisa disesuaikan untuk mengumumkan bahwa kamu sedang mencari pekerjaan. Sebelum menggunakan Facebook untuk mencari pekerjaan, jangan lupa untuk mengubah pengaturan privasi dan membersihkan posting-posting yang tidak layak.

Demikian tips simpel mencari kerja menggunakan facebook. Kunjungi juga http://www.lowongan.id/ untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan yang kamu cari. Selamat berjuang mencari kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *