4 Tips Ampuh Mengelola Email yang Bisa Kamu Pelajari

email

Email sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Entah itu untuk pekerjaan, bisnis atau bahkan sekedar berkirim pesan dengan teman mu. Setiap hari akan ada ratusan email yang masuk ke inbox. Jika kamu membacanya satu persatu maka akan menyita sebagian besar waktu mu. Tentu kamu tidak ingin menghabiskan waktu mu hanya untuk membaca email bukan. Untuk itu kamu perlu mengetahui bagaimana mengelola email dengan benar. Agar saat membuka email, kamu dapat melakukannya dengan efektif.

Berikut 4 tips ampuh mengelola email yang bisa kamu pelajari:

1. Prioritaskan menggunakan Label / Folder
Untuk membedakan mana email yang penting dan tidak penting kamu bisa menggunakan label atau folder. Kamu dapat mengaturnya secara otomatis melalui setting pada akun email mu. Seperti kamu dapat membuat folder bernama “teman”, “Balas hari ini”, dll dan ketika membuka kotak masuk mu, segera mulai menggeser mail ke folder masing-masing.

2. Hindari membuka email dua kali
Sebisa mungkin hindari membuka email dua kali. Terkadang hal ini terjadi secara tidak sengaja. Jika email itu tidak penting, lebih baik hapus saja, atau tandai bahwa email tersebut sudah dibaca. Membaca satu email sebanyak dua kali hanya akan membuang-buang waktu mu dan sangat tidak efektif.

3. Tetapkan waktu
Cobalah untuk mengatur kapan saatnya kamu harus membuka email dan berapa lama, hal ini akan membuat mu lebih fokus pada email sesuai prioritas, dan tidak membuang waktu sia-sia merespon email yang kurang penting. Misalnya atur untuk memeriksa email selama 15 menit setiap 1 jam.

4. Prioritas
Jangan membuang-buang waktu mu untuk mengurus email yang kurang penting. Lihat kira-kira mana yang menjadi prioritas. Misalnya saat mendekati deadline kerja, tentu email dari teman bukan prioritas. Tak semua email layak di respon, apalagi ketika setiap hari ratusan email masuk ke dalam kotak masuk mu, yang bisa saja banyak spam atau tawaran bisnis kurang penting.

Demikian 4 tips ampuh mengelola email yang bisa kamu pelajari. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *