4 Budaya Kerja Yang Harus Dipelajari Saat Jadi Karyawan Baru

budaya kerja

Budaya kerja merupakan suatu sistem nilai, persepsi, perilaku dan keyakinan yang dianut oleh tiap individu karyawan dan kelompok karyawan tentang makna kerja dan refleksinya dalam kegiatan mencapai tujuan organisasi dan individual. Budaya kerja memang sangat penting untuk dikembangkan karena memberikan dampak yang positif terhadap sebuah pencapaian perubahan yang tentunya berkelanjutan di tempat kerja. Selain itu juga meningkatkan produktivitas kerja.

Sebagai karyawan baru tentunya diwajibkan untuk mempelajari budaya perusahaan. Namun banyak yang merasa kebingungan mengenai hal apa saja yang harus di pelajari karena mereka tergolong orang yang baru terjun di dunia kerja sehingga kurangnya pengetahuan dan pengalaman. Sebenarnya apa saja sih hal itu, simak yuk.

Berikut 4 budaya kerja yang harus dipelajari saat jadi karyawan baru:

1. Pakaian kerja
Jika anda hanya memiliki dua pasang celana panjang dan cardigan di lemari dan sekarang anda mendapatkan tawaran pekerjaan di sebuah perusahaan investasi. Itu tandanya anda harus segera mengupgrade isi lemari dengan cepat dan murah. Manfaatkan jika ada sale besar-besaran di toko, belilah beberapa potong pakaian kerja. Jadi kamu tidak khawatir lagi dengan pakaian kerja.

2. Mengatur jam tidur
Mulailah disiplin untuk mengatur jam tidur malammu karena jika tidak pagimu akan menjadi kacau. Kurang tidur bisa menyebabkan kantuk dan kurangnya kosentrasi, akibatnya semua pekerjaan mu akan berantakan. Dapatkan tidur malam yang cukup, dengan istirahat yang cukup, kamu akan mendapatkan pagi yang segar dan siap menghadapi harimu.

3. Menjaga keseimbangan antara kerja dan kehidupan pribadi
Menjaga keseimbangan antara keduanya memang tidak mudah, ini akan menjadi sebuah tantangan. Di satu sisi, semangat dan dorongan dari profesional muda yang bersemangat melakukan pekerjaannya. Di sisi lain, kita tetap mempunyai kehidupan pribadi yang harus tetap kita jaga. Sejauh cara yang ampuh telah saya coba adalah dengan menghindari memeriksa email kantor pada akhir pekan dan mematikan ponsel, cara ini akan membuatmu menikmati waktu libur dengan keluarga tanpa gangguan pekerjaan.

4. Mencari mentor
Mencari mentor karir yang cocok denganmu akan membantumu meraih kesuksesan karir. Ada banyak hal yang dapat kamu pelajari dari mereka. Selain itu mereka akan membantumu mengubah beberapa hal dari sifat mu yang kurang baik. Mentor memang sangat diperlukan untuk membimbingmu, terlebih lagi jika kamu seorang yang baru terjun ke dunia pekerjaan sehingga membutuhkan banyak arahan.

Demikian 4 budaya kerja yang harus dipelajari saat jadi karyawan baru. Semoga bermanfaat.

Kunjungi http://www.lowongan.id/ juga untuk mendapatkan informasi seputar lowongan kerja terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *