3 Tips Jitu Multitasking Lebih Produktif

multitasking

Menurut hasil penelitian, hanya dua persen orang yang berhasil melakukan multitasking saat bekerja. Delapan puluh persen sisanya yang mencoba melakukan multitasking hanya berakhir dengan membuang-buang waktu mereka. Mungkin kamu berpikir dengan melakukan banyak pekerjaan di satu waktu akan lebih efektif. Seperti berbicara di telepon dengan klien sekaligus chating dengan rekan kerja mu dan memperbarui status Facebook mu. Tapi pada kenyataannya hal ini hanya membuat mu tidak produktif. Ini bukan berrati kamu tidak boleh melakukan multitasking. Kalau kita bisa melakukan multitasking secara efisien maka hasilnya akan jauh di luar yang kita bayangkan. Jadi, bagaimana kita bisa multitasking yang lebih efisien? Apakah mungkin? dan apakah multitasking bisa membuat kita lebih produktif.

Berikut 3 tips jitu multitasking lebih produktif:

1. Evaluasi kebiasaan multitasking mu
Pikarkan sejenak tentang tugas mu dan mengapa kamu merasa perlu melakukan multitasking saat mengerjakannya. Tanyakan kepada diri mu pertanyaan-pertanyaan berikut:
Apakah kamu memang benar-benar benar perlu mengerjakan semua tugas secara bersamaan?
Apakah kamu mencoba melakukan multitasking hanya karena merasa ter tantang?
Apakah kamu mencoba melakukan multitasking karena merasa kewalahan?
Apakah ada tugas-tugas tertentu yang bisa selesai lebih cepat ketika dilakukan secara multitasking?
Apakah ada tugas yang perlu mendapatkan perhatian penuh saat mengerjakannya?
Setelah menyadari hal ini dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, hal ini lebih memudahkan mu dalam mengatur multitasking.

2. Gunakan Rangsangan yang berbeda
Ingin melakukan multitasking yang cerdas? Cobalah melakukan tugas-tugas yang melibatkan dua jenis rangsangan, seperti tugas visual dan pendengaran. Menurut penelitian, menggunakan rangsangan yang berbeda membuat multitasking lebih mudah. Jika kamu mencoba melakukan dua tugas visual pada saat yang sama, seperti mengirim tweet sambil menulis sebuah artikel, otak mu bisa-bisa kewalahan saat mengerjakannya. Hal ini dapat memperlambat produktivitas mu. Sebaliknya, cobalah memilih tugas-tugas yang melibatkan berbagai jenis rangsangan seperti berbicara di telepon sambil mengamati grafik penjualan.

3. Henti kan kebiasaan mengecek e-mail 5 menit sekali
Kebiasaan melihat email setiap 5 menit sekalian hanya akan mengurangi produktif mu. Henti kan kebiasaan itu sekarang juga. Kenyataannya setiap kamu melihat itu tidak ada e-mail baru atau pesan yang penting. Tidak ada. Saran saya, tutup tab e-mail mu. Jika kamu ingin mengecek email mu, periksalah setiap jam bukan setiap lima menit. Dalam kebanyakan kasus, e-mail bisa menunggu selama 60 menit tanpa jawaban.

Lakukan ke-3 hal tadi ya agar multitasking mu lebih produktif. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *