3 Tips Jitu Mengelola Karyawan Fresh Graduate

fresh graduate

Mengelola karyawan fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja merupakan suatu tantangan tersendiri untuk seorang manajer. Memang tidak mudah tetapi bukan berat tidak bisa bukan? Selama kita tahu caranya. Sebenarnya mereka hanya membutuhkan bimbingan, jika kamu berhasil mengelolanya dengan baik mungkin mereka akan menjadi karyawan yang berotensi atau paling tidak produktivitas mereka meningkat. Tentunya hal ini akan memberikan dampak yang positif. Berikut akan kami bagikan tips jitu cara mengelola mereka.

Nah ini dia 3 tips kitu mengelola karyawan fresh graduate:

1. Program rutin evaluasi
Banyak manajer yang saat sibuk sehingga kurang memperhatikan para karyawan. Buatlah program rutin untuk saling evaluasi. Jika lingkungan kerja tidak kondusif tentu akan mempengaruhi produktivitas kerja mereka.

2. Diskusi
Diskusikan masalah-masalah bisnis dengan anggota timmu untuk di pecahkan bersama dan ketrampilan apa saja yang dibutuhkan. Hal-hal seperti ini yang sebenarnya dibutuhkan para fresh graduate agar mereka dapat belajar dan lebih memahami perusahaan.

Misalnya, kamu adalah manajer tim pelanggan di perusahaan teknologi. Masalah utama dalam bisnis adalah bagaimana menyelesaikan masalah pelanggan dengan cepat. Keterampilan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah adalah pengetahuan produk, pengetahuan tentang solusi yang tersedia, kemampuan komunikasi, taktik penyelesaian masalah, dokumentasi, dan penelitian.

BACA JUGA: 5 KIAT SUKSES MENGELOLA KARYAWAN KREATIF

3. Pembinaan
Berbicara masalah teori memang membuat percakapan menjadi menarik, tetapi memberikan contoh apa yang harus dilakukan akan lebih baik. Hal ini berlaku terutama jika kamu bekerja dengan para fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja. Sering kali, karyawan baru tidak tahu apa yang harus mereka kerjakan, sehingga kinerja mereka berada di bawah standar karena mereka tidak menyadari jika ada pilihan yang lebih baik disetiap pekerjaan. Untuk itu perlunya pembinaan secara rinci apa yang harus mereka lakukan. Dengan pembinaan maka mereka akan lebih produktif.

Demikian 3 tips kitu mengelola karyawan fresh graduate. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *