12 Cara Meningkatkan Produktivitas di Tempat Kerja

Karyawan merupakan aset berharga bagi sebuah perusahaan dan perlu dimanfaatkan secara maksimal dengan menjaga karyawan agar selalu memberikan yang terbaik untuk perusahaan. oleh karena itu produktivitas karyawan adalah perhatian utama bagi pengusaha dan ketika memburuk bukan merupakan kesalahan karyawan sepenuhnya. Karena produktivitas berhubungan dengan lingkungan kerja. Perusahaan harus melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan produktivitas para karyawan.

Berikut ini 12 Cara  Meningkatkan Produktivitas di Tempat Kerja:

1. Tanggung Jawab Kerja
Perlu disadari bahwa Setiap karyawan memiliki tanggung jawab atas tindakan dan keputusan yang mereka buat. Agar setiap keputusan yang diambil di pertimbangkan baik buruknya. Berikan  mindset tersebut pada para karyawan. Agar tanggung jawab mereka meningkat.

2.  Jadwal Kerja
Setiap pekerjaan yang diberikan pasti mempunyai deadline. Anjurkan kepada para karyawan untuk membuat jadwal sesuai priotas dan deadline. Ini akan membuat kerja mereka lebih teratur dalam bekerja dan tentunya lebih ekfektif. Selain itu menurunkan tingkat steres yang berlebihan karena dapat menyelesaiakn semua pekerjaan dengan tepat waktu atau mungkin lebih cepat dari deadline.

3. Integritas manajemen waktu
Manajemen waktu yang baik juga mempengaruhi produktivitas karyawan. Memberikan karyawan tentang manajemen waktu sangatlah penting. Manajemen waktu harus terintegrasi dengan sistem perusahaan Anda. Sistem perlu didesain sedemikian rupa agar karyawan dalam bekerja dengan manajemen waktu  yang tepat sehingga bisa meningkatkan produktivitas kerja mereka.

4. Memotivasi karyawan
Jangan lupa untuk selalu memberikan motivasi pada para karyawan. Semangat setiap orang pasti akan turun naik sesuai dengan keaadan yang mereka alami. Jadi doronglah mereka untuk  selalu maju. Dan buatlah para karyawan merasa senang. Coba cara ini untuk memotivasi mereka, adakan acara liburan untuk para karyawan yang dibiayai oleh perusahaan.

5. Berikan reward pada karyawan
Sesekali berikan penghargaan atas pekerjaan atau pencapain yang sudah dilakukan. Dengan memberikan penghargaan pada mereka, mereka akan lebih meningkatkan ketrampilannya dan bersemangat dalam bekerja.

6. Permintaan target yang realistis
Saat perusahaan menetapkan  target yang akan diberikan kepada karyawan, harus realistis dan berdasarkan kemampuan para karyawan. Tekadang perusahaan terlalu memasang target yang tinggi kemudian dibebabnkan pada para karyawan tanpa melihat kemampuan karyawan.

7.  Team kerja
Bekerja secara team juga meningkatkan produktivitas kerja. Di setiap team terdiri atas beberapa orang dan setiap orang memiliki pemikiran masing-masing sehingga akan banyak ide yang terbentuk. Perusahaan sebaiknya mengelempokan karyawan menjadi beberapa team dan berikan tugas disetiap teamnya

8. Pastikan para karyawan menikmati pekerjaan mereka
Saat karyawan merasa nyaman dan senang bekerja di sebuah perusahaan maka performancenya akan tinggi. Ini adalah tugas perusahaan untuk menciptakan suasana kerja yang nyaman dan menyenagkan bagi setiap karyawan. Perkerjaan yang itu-itu saja pastinya akan membuat jenuh ketika karyawan merasakan kejenuhan dan kebosan mereka cenderung memilih resign dan mencari pekerjaan baru yang lebih menantang. Untuk itu perusahaan harus menemukan cara-cara untuk membuat pekerjaan tampak menantang dan menarik daripada biasa dan tentu tidak membosankan.

9. Perubahan Jabatan
Perubahan posi pada perusahaan terkadang di perlukan untuk penyegeran suasana. Setiap pemimpin pasti mempunyai karakter-karakter yang berbeda-beda dan mempunyai pemikirian yang berbeda. Selan itu meningkatkan kompetisi antar karyawan agar dapat menduduki jabatan yang mereka inginkan. Tetapi kondisi kompetisi harus tetap berjalan secara kondusif. Sehingga mereka berusaha memberikan yang terbaik untuk perusahaan. Dan Tidak ada salahnya mengangkat karyawan muda unduk menduduki posisi penteng dengan catatan Dia adalah orang yang kompeten.

10.  Berikan Pelatihan
Berikan pelatihan pada para karyawan sesuai keahlian mereka. Karyawan sangat senangg ketika mereka mendapatkan pelatihan dari perusahaan, karena mereka mendapat kesempatan belajar dan mengupdate keterampilan mereka. Secara tidak langsung karyawan akan merasa hutang budi terhadap perusahaan. Dengan demikian mereka akan bekerja dengan giat dan lebih baik lagi. Dan mereka wajib menerapkan apa yang mereka dapatkan saat pelatihan pada perusahaan.

11.  Luangkan sedikit waktu untuk rapat
Buatlah jadwal rapat di setiap minggu. Rapat ini bertujuan sebagai wadah saling berdiskusi dan bertukar ide antar karyawan. Selain itu perusahaan bisa mendengerkan kesulitan-kesulitan yang dihadapi para karyawan saat bekerja.

12. Teknologi untuk meningkatkan produktivitas
Teknologi berkembang secara cepat dari waktu kewaktu. Dengan bantuan teknologi Anda akan lebih mudah menyelesaikan pekerjaan. Juga membantu menghemat waktu Anda yang berharga. Ada beberapa teknologi yang membantu Anda bekerja di antaranya adalah:
– Smart Phone
– laptop
– komputer tablet
– Internet
– Perekam Digital untuk merekam ide-ide Anda yang terkadang muncul tak terduga
– GPS untuk tetap di trek di jalan

Demikian 12 Cara meningkatkan produktivitas di tempat kerja. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *