11 Hal yang patut dicoba saat menganggur

Apakah sampai saat ini kamu masih belum mendapatkan pekerjaan?Dan mungkin saat ini kamu juga bingung apa yang harus dilakukan selama menjadi pengangguran?. Seorang ahli memberikan tips kepada para pencari kerja untuk melakukan hal produktif ini sebelum mendapatkan pekerjaan. Inilah 11 tips terbaik untuk pengangguran yang layak dicoba:

1.    Komunikasikan Nilai Kamu
“Bila kamu bisa meyakinkan seseorang jika kamu bisa menyelesaikan masalah mereka, maka tugas kamu selesai,” ujar Jeff Neil, seorang penasehat karir di New York. Berlatihlah membicarakan nilai positif kamu kepada orang lain. “Ketika seseorang menanyakan kabar, jawablah seperti sedang diwawancara kerja. Semakin kamu terbiasa, maka semakin nyaman pula kamu berbicara dengan pewawancara kerja nantinya,” ujar Penelope Trunk selaku penulis Brazen Careerist.

2.    Mengikuti Kursus
Untuk mengisi kekosongan waktu saat menunggu panggilan kerja tidak ada salahnya kamu mengikuti kursus. Ambilah kursus sesuai bidang kamu. Selain itu kursus menambah nilai plus saat kamu melamar pekerjaan. Disana kamu juga akan bertemu dengan orang-orang baru yaitu teman sekursus kamu siapa tau mereka mempunyai info lowongan kerja.

3.    Bergabung dalam organisasi profesional
Tidak ada salahnya jika kamu bergabung menjadi relawan, kepanitiaan sebuah even atau kelompok pencari kerja. Dan pastikan keanggotaan kamu tidak pasif ya. Ketika kamu mengambil keputusan untuk menjadi seorang relawan dalam satu bidang, hal tersebut akan menunjukan bahwa kamu memang tidak hanya memikirkan uang, namun kamu juga memiliki perhatian yang besar terhadap sesama. Ketika pihak perusahaan akan merekrut karyawan barunya, mereka tidak hanya mempedulikan kemampuan dalam bekerja namun juga karakter setiap karyawannya. Selain itu kamu dapat bertemu dengan orang-orang yang seprofesi bisa menambah wawasan, memperluas jejaring bahkan mendapatkan akses lebih ke informasi lowongan kerja.

4.    Jejaring sosial
Banyak akun media sosial yang menginformasikan lapangan pekerjaan seperti twitter, linkedin dan facebook. Segera follow akun-akun perusahaan yang ada di ketiga media sosial tadi. Biasanya perusahaan membagikan info lowongan kerja diakun resmi mereka. Selain itu kamu juga bisa menulis status tentang diri kamu yang sedang mencari pekerjaan. Tidak perlu malu, karena kamu memang butuh pekerjaan. Mau tahu cara menggunakan jejaring sosial yang baik? simak artikelnya disini.

5.    Resume yang baik
Neil menambahkan, jika seseorang tidak kunjung mendapatkan pekerjaan selama berbulan-bulan, bisa jadi ia tidak memiliki resume dan pengalaman kerja yang baik. Bisa jadi dia seseorang yang tidak mahir mencari pekerjaan sehingga berakhir melamar pekerjaan yang salah untuk dirinya. Resume yang bagus tidak menjamin kamu akan mendapatkan pekerjaan, namun setidaknya kamu telah membuka kesempatan untuk dipanggil wawancara.

6.    Jagalah Kesehatan
Menjadi pengangguran bukan berarti bermalas-malasan dengan makan dan tidur, kamu harus tetap menjaga kesehatan. Kesehatan merupakan aset yang berharga. Coba bayangkan jika nanti sewaktu-waktu kamu mendapatkan panggilan kerja dan harus melakukan test kesehatan. Jangan samapai kamu gagal mendapatkan kesempatan bekerja di perusahaan yang kamu inginkan hanya karna gagal dalam test kesehatan. Untuk menjaga kesehetan yang kamu harus lakukan adalah makan dengan baik dan berolahraga.

7.    Siapkan plan B
Terkadang rencana yang kamu buat sesempurna apa pun belum tentu berjalan dengan baik. Jadi tidak ada salahnya untuk selalu membuat plan B. Awalnya kamu ingn bekerja menjadi akuntan di perusahaan besar. Sudah melamar ke berbagai perusahaan besar yang membutuhkan akuntan. Tapi tak kunjung mendapatkan panggilan kerja. Karna kamu tidak diterima apakah akan terus memilih menjadi pengangguran? tentu tidak. Mungkin kamu bisa membuat plan b seperti membuka usaha?mencari pekerjaan dengan posisi yang lain?. Jadi segeralah buat plan B kamu.

8.    Carilah seseorang yang terus memotivasi kamu
Sudah memasukan banyak lamaran pekerjaan tapi tak kunjung mendapatkan panggilan. Pasti kamu merasa kecewa atau bahkan sampai putus asa. Jika kamu merasa kecewa, itu wajar karna itu bagian dari proses yang harus kamu jalani. Tetapi jangan sampai kamu putus asa dan tidak mau berusaha lagi. Wah bisa agawat kalau itu. Untuk menghindari hal itu tentunya kamu membutuhkan sesorang yang akan selalu memotivasi kamu.

9.    Tetap berpikiran terbuka
Cobalah untuk selalu berpikir secara terbuka. Misalnya teman lama menawari kamu untuk bekerja ditempat dia bekerja. Tetapi posisi yang ditawarkan bukan posisi yang kamu inginkan. Jangan langsung menolak dan membuat asumsi. Coba pikirkan sejenak tawaran tersebut. Kalau perlu kamu tulis disebuah kertas dan buat daftar positif dan negatif saat kamu memutuskan bekerja disana.

10.    Perbanyak Koneksi
Pernahkah kamu mendengar bahwa si A diterima diperusahaan X karna hasil rekomendasi yang diajukan oleh salah satu karyawan atau atasan yang memang telah lama bekerja disana. Jika ada rekomendasi dari orang dalam perusahaan hal itu akan lebih dipercaya oleh pihak perusahaan. Jadi tidak ada salahnya membangun jaringan yang banyak dengan orang lain. Siapa tahu pekerjaan yang kamu impikan tersebut akan datang dari salah satu teman yang kamu miliki.

11.    Liburan
Jika kamu tak kunjung mendapatkan pekerjaan selama setahun, saatnya kamu berlibur. Ahli profesi Forman & Johnson mengatakan, “Walaupun kesannya malah membuang-buang uang untuk berlibur. Sebenarnya momen ini berguna untuk menyegarkan pikiran sambil membaca buku yang berkaitan dengan bidang kamu. Kamu akan segar kembali dengan ide-ide baru dalam mencari pekerjaan atau bahkan menciptakan usaha.”

Itulah beberapa hal yang mungkin bisa dilakukan ketika masih menjadi pengangguran. Jadi jangan lagi menghabiskan waktu yang kamu miliki untuk meratapi nasib serta putus asa. Teruslah untuk tetap bergerak serta tingkatkanlah terus kemampuan yang kamu miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *