11 Tips Etika Mencari Kerja

mencari_kerja

Saat mencari pekerjaan, tidak cukup jika hanya  mengandalkan cv dan keahlianmu. Sehebat apapun skill yang dimiliki kalau kamu memiliki etika yang tidak baik maka kamu akan mendapat penilaiaan yang buruk di mata perusahaan. Jadi kamu harus memahami apa saja sih etika saat sedang mencari kerja. Nah Berikut sebelas tips etika mencari kerja:

Komunikasi karir

1. Jaga personal dengan menggunakan alamat email profesional
Alamat email seperti Iam2hot4u@mail.com merupakan alamat email tidak resmi atau bahasa gaulnya disebut email alay. Email resmi atau profesional bisanya menggunakan nama lengkap seperti citra.maharani@gmail.com. Menampilkan alamat email yang tidak resmi atau alay pada resume, surat lamara atau kartu nama akan memberikan dampak negatif terhadap citramu.

2. Buat pesan suara profesional
Tentunya tidak setiap saat kamu dapat menerima panggilan masuk misalnya ketika  sedang tidur atau dikamar mandi, untuk itu perlunya membuat pesan suara agar terlihat profesional. Pesan suara yang dibuat harus jelas dan sederhana jangan sampai dibuat imut, bertele-tele, atau sulit dipahami.

3. Jangan gunakan kontak kantor
Jangan pernah memberikan email kantor atau nomor telepon kantor saat kamu sedang mencarian kerja. Ini akan memberikanmu citra buruk, selain itu kamu akan dinilai senang menggunakan fasilitas kantor untuk kepentingan pribadi. Tentu semua boss tidak ingin fasilitas kantornya digunakan untuk kepentingan pribadi.

4. Jabatan tangan
Jangan lupa untuk selalu berjabat tangan pada acara networking, pada awal dan akhir wawancara. Dan pastikan jabatan tangan dilakukan secara tegas dan percaya diri, tidak lemas, ragu-ragu atau terlalu kuat. Dengan begitu akan menambah kepercayaan diri  dan membuat orang merasa yakin terhadapmu.

Interview

5. Gunakan makeup dan pakaian yang tepat saat wawancara kerja
Kenakan pakaian yang rapi dan bersih, hindari parfum dengan aroma yang berat, semir sepatu dan jangan terlalu banyak menggunakan aksesoris. Tentu kamu tidak ingin mengalihkan perhatian pewawancara dengan tas yang mencolok berwarna merah muda, make-up yang tebal atau menor, atau dasi dengan warna mencolok.

6. Jangan mengunyah permen karet, makan atau minum  atau menjawab telepon seluler Anda selama wawancara!
Tindakan ini benar-benar tidak sopan, jika kamu melakukanya akan merusak kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan dan membuat citramu menjadi buruk.

7. Melakukan persiapan sebelum wawancara kerja
Melakukan persiapan sehari sebelum wawancara merupakan hal yang sangat penting. Ketika kamu merasa siap maka kepercayaan diri akan bertambah, sehingga kamu tidak perlu merasa khawatir tidak dapat menjawab pertanyaan saat interview.

8. Selalu mengirimkan ucapan terima kasih kepada pewawancara setelah wawancara
Setelah selesai wawancara mintalah kartu nama para pewawancara. Sesampai dirumah kirimkan ucapan terimakasih kepada pewawancara bisa melalui sms atau email yang tertera dikartunama mereka. Dan lihatlah kekuatan kalimat terimakasih.

Networking

9. Periksa akun media sosialmu
Banyaknya rekuitmen melalu online seperti lewat lowongan.id, Linkedin, facebook dan twiter membuat kamu harus berhati-hati dalam menulis status dan memasang foto di media online. Salah-salah bisa membuat buruk citramu. Kini tak jarang perusahan yang melakukan pemantauan akun media sosial para calon karyawan sebelum memutuskan untuk menerimamu di perusahaan.

BACA JUGA:  7 TIPS SIMPEL CARI KERJA MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL 

10. Banyak memberi manfaat
Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan jaringan. Membangun jaringan dapat dimuali dengan masuk kedalam grup yang sesuai dengan bidang dan berfokuslah dengan membantu orang lain, bukan bagaimana mereka dapat membantumu. ingatlah dengan kata-kata “semakin banyak memberi maka semakin banyak yang kamu terima”. Jika kita banyak memberikan sesuatu pada orang lain maka kita bisa mendapatkan apapun yang kita inginkan. Ini merupakan hukum yang tidak bisa ditolak.

11. Utamakan kualitas hubungan daripada kuantitas
Mengumpulkan atau menyebarkan kartu nama dalam jumlah yang berlebihan di acara networking bukanlah hal yang efektif. Sama halnya dengan mengumpulkan banyak teman di Facebook atau di LinkedIn. Memiliki hubungan yang banyak tidak akan membuat hubunganmu erat justru akan membuat hubunganmu bisa-bisa saja dengan mereka. Yang terpenting adalah kualitas hubunganmu daripa kuantitas.

Nah itu tadi etika-etika yang harus kamu terapkan saat mencari kerja. Baik tidaknya etikamu akan mempengaruhi penilain dirimu di mata orang lain. Jadi tetap jaga etikamu ya, dimanapun kamu berada.

Ingin mendapatkan  info terupdate tentang lowongan kerja, kamu bisa mengeceknya di http://www.lowongan.id/.  Selamat berburu lowongan kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *