11 Hal Yang Membuat Karyawan Bahagia

Karyawan merupakan aset perushaan yang harus dijaga. Banyak hal sederhana yang dapat membuat mereka senang bekerja di perusahaan. Berikut ini 11 hal yang membuat karyawan bahagia.

1. Berikan waktu istirahat
Memberikan karyawan sedikit waktu untuk memeriksa media sosial dapat meningkatkan suasana hati karyawan dan produktivitas mereka. Istirahat sejenak disela-sela kerja akan meningkatkan kemampuan untuk fokus kembali setelah berkerja selama berjam-jam. Penelitian menunjukkan bahwa istirahat hanya 10 menit cukup untuk memperoleh manfaat positif.

2. Program kesehatan
Proteksi kesehatan adalah hak setiap karyawan. Dengan proteksi kesehatan, secara psikolog karyawan akan lebih tenang dan aman dalam bekerja. Karyawan akan makin loyal dan produktif dalam mendukung tujuan perusahaan. Urusan proteksi kesehatan ibarat sedia payung sebelum hujan. “Kami melihat pengusaha semakin menyadari pentingnya program kesehatan. Karna dapat meningkatkan produktivitas dan dapat mengendalikan biaya perawatan kesehatan serta mempertahankan tenaga kerja yang produktif,” kata Wendy Poirier.

3. Paket Unik
Perusahaan dapat membantu karyawan meningkatkan kebahagiaan hidup dengan memberikan fasilitas yang mereka butuhkan. Tawaran unik, seperti tempat penitipan anak, asuransi orangtua, klinik di kantor, program kesehatan, dan lainnya bisa membantu membuat karyawannya betah.

4. Keseimbangan Hidup Karyawan
“Perusahaan yang menawarkan keseimbangan hidup antara pekerjaan dan kehidupan pribadi lebih cenderung dapat menjaga karyawan tetap bahagia dalam pekerjaan mereka saat ini,” kata David Ballard, kepala Program Kerja psikologis Sehat American Psychological Association, yang meneliti ini. Tak adil perusahaan meminta 24 jam waktu karyawan, karena mereka juga ingin bisa menjalani dan menikmati hidup.

5. Membuat Karyawan Fokus pada Pekerjaan Mereka
Membuat karyawan tetap fokus pada pekerjaan tanpa gangguan adalah cara lain menjaga karyawan tetap bahagia dan produktif. Salah satu cara mencapai hal ini adalah dengan menghilangkan email yang tak berguna. “Kami melihat, banyak karyawan yang inbox emailnya kelebihan isi, dan ini mengakibatkan stres. Email tak penting inilah yang perlu diatasi” kata David Grossman, pemilik Grossman Group, konsultan riset.

6. Tawarkan kemampuan untuk bekerja dari rumah
Meskipun menciptakan lingkungan kerja yang nyaman adalah salah satu cara untuk menjaga agar karyawan tetap bahagia dan produktif. Akan tetapi banyak karyawan yang merasa lebih bahagia jika mereka dapat bekerja dirumah.

7. Lingkungan kantor yang menyenangkan
Karyawan akan merasa lebih bahagia jika tempat kerja terasa nyaman. Untuk membuat tempat kerja yang nyaman bisa dengan hal-hal seperti menyediakan makanan untuk karyawan di kantor dan mengakui karyawan setelah ia melakukan pekerjaan yang baik. Komunikasi dengan karyawan dapat membantu meringankan beban pekerjaan. Hal ini membuat karyawan merasa lebih bahagia dan lebih aman di tempat kerja. Komunikasi baik secara pribadi, melalui email atau dengan catatan tulisan tangan, semua untuk membuat karyawan merasa lebih baik di tempat kerja.

8. Otonomi Karyawan
Karyawan menginginkan otonomi dalam pekerjaan. “Orang akan lebih bahagia bekerja bila motivasi datang dari dalam diri. Menurut psikolog mereka akan bekerja lebih baik, merasa terhubung lebih dalam, dan berkomitmen bila bisa menunjukkan siapa dirinya,” kata Maynard Brusman, psikolog dari Working Resource, AS, yang meneliti. Karyawan akan tampil lebih baik, lebih terlibat, dan lebih berkomitmen jika apa yang mereka lakukan berasal dari diri sendiri.

9. Memberikan bonus
Memberikan bonus pada karyawan merupakan salah satu uasaha untuk menjaga mereka bahagia. Menurut survei yang dilakukan baru-baru ini, sebanyak empat puluh persen responden merasa bahagia saat akhir tahun karna mendapatkan bonus. Responden juga mengatakan mereka merasa dihargai saat perusahaan memberikan reward bonus. Selain itu memacu para karyawan untuk bekerja lebih keras.

10. Program Latihan yang Baik
Sebuah penelitian baru menemukan, bimbingan yang disponsori perusahaan atau sesi pelatihan pada karyawan sangat berpengaruh pada kemajuan perusahaan. “Perusahaan mendapatkan keuntungan dari meningkatnya kesejahteraan karyawan mereka. Membantu karyawan baru untuk menyesuaikan dan memberdayakan mereka untuk mencapai potensi mereka di kemudian hari.” kata Jamie Gruman, profesor di University of Guelph, di Guelph, Ontario, yang meneliti.

11. Ruang Berkembang
Karyawan akan merasa senang jika perusahaan memberikan ruang untuk maju dan berkembang. Satu penelitian terbaru membuktikan, karyawan lebih cenderung untuk mencari pekerjaan baru akibat tidak adanya ruang berkembang di perusahaan tempat bekerja. Menurut Maria Kraimer, penulis studi ini, karyawan akan senang jika mereka menemukan kesempatan pelatihan dan mentor karier.

Itulah 11 hal yang membuat karyawan bahagia. Sudahkan menerapkanya pada karyawan Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *