10 Tips Dahsyat menulis Surat Lamaran Kerja

Jika anda ingin melamar suatu pekerjaan tentu saja Anda harus mempersiapkan beberapa berkas yang dibutuhkan. Dan salah satu berkas yang harus anda persiapkan dengan baik adalah surat lamaran kerja.

Surat lamaran kerja merupakan bagian terpenting dari seluruh dokumen lamaran yang Anda kirim ke perusahaan. Karna merupakan penilaian awal yang akan diberikan oleh pihak perusahaan kepada Anda agar bisa lolos dari semua tahap seleksi dan bisa diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Untuk itu kami berikan 10 tips dahsyat menulis surat lamaran kerja yang akan membantu anda:

    1. Jangan lupa untuk mencantumkan nama, alamat surat, nomor telepon dan alamat email. Dan cantumkan semua contac yang dapat di hubungi.
    2. Gunakan bahasa–bahasa yang formal. Hindari penggunaan kata ganti pribadi dan hindari istilah–istilah akronim. Jangan pernah gunakan bahas gaul karna itu menandakan Anda tidak professional dalam menulis surat lamaran kerja.
    3. Jangan membuat tulisan yang bertele–tele tapi buatlah tulisan langsung ke point. Agar informasi yang anda tulis dapat dipahami dengan mudah Tulislah ringkasan seperti latar belakang, keahlian,  background pendidikan. Hal ini membuat Anda fokus terhadap informasi apa yang akan Anda berikan.
    4. Anda harus memeriksa ulang surat lamaran yang telah Anda buat agar tidak terjadi kesalahan seperti salahan ketik, salah ejaan, dan kesalah–kesalahan lainya. Agar lebih yakin bahwa Anda tidak melakukan kesalah–kesalahan mintalah tolong teman untuk  memeriksa ulang.   Karna begitu banyaknya surat lamaran kerja yang harus mereka cek sehingga kesalah kecil menyebabkan perusahaan mengeliminasi surat lamaran kerja Anda.  Selain itu  kesalahan kecil bisa dianggap bahwa Anda adalah karyawan yang tidak telii dan tidak berhati–hati.
    5. Jika memiliki berbagai pengalaman. Anda cukup menuliskan keahlian yang sesuai dengan lamaran kerja yang anda masukan.
    6. Pastikan Anda menuliskan informasi dengan sebenar-benarnya. Jika anda menulis informasi palsu dan suatu hari nanti perusahaan mengetahuinya. Hal ini dapat menghilangkan kredibilitas Anda di mata perusahaan.
    7. Tulis juga tujuan serta posisi yang Anda inginkan di perusahan dan alas an Anda melamar.
    8. Bila Anda memiliki beberapa penghargaan yang telah Anda capai secara konkrit agar perusahaan mengetahui dengan jelas. Seperti jika Anda menyatakan telah berhasil mengurangi biaya departemen sebesar 15 persen jauh lebih baik dari pada menyatakan bahwa Anda mengawasi anggaran.
    9. Bagi Anda yang merupakan fresh graduate yang belum memiliki banyak pengalaman kerja. Anda dapat menuliskan beberapa hal seperti  universitas tempat kuliah, IPK, tanggal menyelesaikan program, dan beasiswa atau penghargaan yang diterima. Setelah Anda punya beberapa pengalaman kerja.  Anda bisa menuliskan informasi pendidikan ini di akhir.
    10. Lampirkanlah referensi dan portofolio. Untuk referensi Anda dapat menuliskanya di depan. Yang di maksud referensi adalah daftar kenalan professional yang  mengenal Anda sehingga dapat memberikan gambaran tetang Anda secara benar.Sedangkan portofolio menggambarkan kualitas kerja  Anda selama ini.

Nah itu tadi 10 Tips Dahsyat menulis Surat Lamaran Kerja. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda yang sedang melamar kerja. Untuk mencari lowongan kerja terbaru silahkan kunjungi http://www.lowongan.id dan temukan jenis pekerjaan yang tepat untuk Anda.

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *