10 Cara Mudah Cari Pekerjaan Yang Lebih Baik

Apakah pekerjaan kamu sekarang membosankan?. Apakah kamu mempunyai pikiran ingin mengundurkan diri dan mecari kerja yang lebih baik?. Jika iya maka jangan lewatkan artikel yang satu ini.  Karna kami akan memberikan 10 tips yang akan kami bagikan untuk membantu kamu dalam melamar pekerjaan dan menghadapi wawancara.

Berikut ini 10 tips untuk mencari kerja yang lebih baik:

1. Buatlah Resume semenarik mungkin

Buatlah resume semenarik mungkin. Kamu bisa menggunakan beberapa tool untuk membuat resume menjadi semakin menarik. Visualize.me dapat membuat Infographic menarik. Situs seperti Re.vu dan Zerply membantu membuat halaman resume digital. About.me dan Flavors.me dapat  melakukan hal yang sama. Gunakan tools yang cocok  dan pastikan setiap halaman resume terlihat menarik sehingga mencuri pandangan para penyeleksi resume.

2.  Pastikan Resume tidak Dipenuhi dengan Kata-kata umum

Saat menulis resume hindari kata–kata umum seperti kata-kata yang mengandung  hal–hal yang berlebihan (misalnya termotivasi, inovatif, dinamis) , frasa dan klise (misalnya berorientasi, detil pemain tim, keterampilan komunikasi yang baik).

3.  Kunjungi situs kerja

Sebelum kamu mecari kerja pastikan dahulu pekerjaan apa yang kamu inginkan. Kamu pernah mendengar istilah “Bagaikan mencari jarum di tumpukan jerami” seperti itulah saat kamu pergi ke situs lowongan pekerjaan tanpa tujuan yang jelas. Di sana kamu akan menemukan  banyak posisi, dan menyeleksi setiap lowongan kerja untuk mencari yang sesuai dengan kamu. Itukan menyita cukup waktu. Jika demikian lebih baik, kunjungi situs pencari kerja yang mengirimkan lowongan kerja ke email kamu setiap hari. Hal itu akan memudahkan kamu menemukan pekerjaan yang di inginkan. Tetapi jika sudah mengetahui jenis pekerjaan apa yang ingin kamu lamar, kamu bisa masuk ke situs–situs populer kemudian menggunakan fasilitas search seperti yang ada di http://www.lowongan.id Dengan cepat kamu akan mendapatkan informasi lowongan kerja yang  inginkan

4. Cari Pekerjaan yang sesuai

Saat mecari pekerjaan tidak hanya ingin bekerja di sebuah perusahaan yang besar tetapi juga mencari perusahaan yang lingkunganya sesuai dengan kamu, sehingga saat bekerja kenyamanan tercipta. Untuk mewujudkanya kamu harus mencari perusahaan yang memiliki reputasi yang baik. Untuk mewujudkan hal itu tentunya tidak harus bekerja di perusahaan sekelas Google atau Zappos.  Yang harusd lakukan adalah mencari informasi dari orang yang telah terlebih dahulu bekerja di perushaan tersebut.

5. Pengalaman Kerja

Jika pengalaman kamu saat ini jauh berbeda dari pekerjanan yang ingin kamu lamar, pikirkan tentang apa saja dan segala sesuatu yang pernah di lakukan yang berhubungan dengan pekerjaan yang di lamar. Jika tidak, kamu selalu dapat memulai membuat pengalaman yang relevan  dari sekarang sehingga dapat di gunakannya ketika kamu berada di wawancara kerja. Misalnya, jika kamu bekerja di bidang non-kreatif tetapi ingin menjadi seorang desainer.  Jika kamu membuat banyak grafik dan diagram alur, dan dapat membuatnya lebih menarik. Tunjukan saja  hal–hal tersebut pada saat wawancara.

6. Baju untuk Wawancara

Saat wawancara kamu harus dapat memilih baju yang tepat karna akan mempengaruhi penilaian kepribadian. Tidak semua perusahaan mengharuskan kamu menggunakan pakaian formal tetapi ada juga yang mengenakan pakaian sehari–hari. Yang paling utama baju yang dikenakan harus terlihat rapi dan bersih. Hal ini dapat menunjukan bahwa Kamu adalah pribadi yang dapat merawat diri. Jika kebingungan baju apa yang harus dikenakan kamu dapat menanyakan secara langsung pada perusahaan, dengan senang hati mereka akan memberitahu.

7. Bahasa Tubuh

Belajar membaca bahasa tubuh sangat membantu dalam banyak situasi, terutama saat wawancara kerja. Sehingga kamu dapat membaca bahasa tubuh pewancara, apakah memberikan respon baik atau tidak atas jawaban yang di berikan. Selain itu berikan kesan pertama yang baik, biasanya penilaian awal berawal dari kesan pertama. Dan hindari bahasa tubuh yang memberikan kesan negatif misalnya terlihat gugup dan cemas. Duduk lah dengan tenang dan santai agar kamu terlihat menikmati wawancara tersebut. Jika kamu dapat melakukan bisa dipastikan  berada dalam kondisi yang baik saat wawancara. Perlu kamu ketahui bahwa 55% cara kita berkomunikasi dari bahasa tubuh.

8. Wawancara Kerja

Mungkin kamu akan merasa kebingung saat wawancara di tanya “Apa kelemahan tebesar kamu?”. Ini adalah pertanyaan yang menjengkelkan tetapi kamu akan mendengar di sebagian besar wawancara kerja. Sebaiknya jujur saat menjawab pertanyaan ini jika ingin diterima. Mungkin kamu bertanya–tanya mengapa mereka harus mempertanyakan hal ini. Mereka hanya ingin tahu seberapa jauh kamu mengenal diri sendiri. Sebagian orang akan mudah jika ditanya apa kelebihan yang di miliki? dengan sangat cepat kamu dapat menjawabnya bukan?.

9. Meminta Bonus

Selamat, kamu mendapat pekerjaan!. Saat mendengar kalimat itu kemudian terbelsit pikiran berapa gaji yang akan saya dapatkan dan apakah ada  bonus. Kamu harus berhati – hati jika ingin bertanya apakah perusahaan menawarkan bonus untuk karyawanya. Cukup tanyakan apakah mereka menawarkan bonus. Agar tidak terlihat menuntut, tetapi hanya mengajukan pertanyaan.

10. Jagalah reputasi

Meskipun kamu membenci pekerjaan kamu saat ini dan kemudian diterima di perusahaan yang kamu idam–idam kan. Tetaplah buat surat pengunduran diri agar tetap terlihat professional. Dan keluarlah dengan meninggalkan reputasi yang baik. Kamu tidak akan tau jika suatu saat akan berpatner dengan mereka. Hal ini akan menguntungkan jika mereka memandang kamu sebagai orang yang bereputasi baik.

Demikian 10 cara mudah untuk mencari kerja yang lebih baik. Ingin segera mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, segera terapkan tips tadi ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *