1 Tips Ampuh Produktivitas Kerja: Fokus!

produktivitas kerja

Teknologi telah membantu kami melakukan semua hal dengan lebih cepat dan lebih banyak. Tetapi banyak ahli berpendapat bahwa sistem kerja dan alat belum tentu membuat kita lebih produktif. Coba pikirkan berapa banyak ponsel, tablet, dan komputer yang berbunyi karena ada notifikasi email masuk atau pemberitahuan Facebook?. Di sisi lain teknologi memang membantu kita meningkatkan produktivitas, tetapi bisa juga menurunkan produktivitas kita karena dapat mengalihkan perhatian kita saat bekerja. Pada akhirnya, yang dapat membuat kita produktif adalah fokus, berikut tips untuk meningkatkan fokus.

Hentikan multitasking. Mungkin kamu menemukan banyak artikel tentang cara multitasking, namun pada kenyataannya kamu tidak mungkin melakukan multitasking pada pekerjaanmu. Multitasking berarti melakukan lebih dari satu kegiatan secara bersamaan. Multitasking sendiri bukanlah tidak mungkin. Seperti kamu dapat berjalan dan mengunyah permen karet pada saat bersamaan, tapi tak satupun dari kegiatan ini yang membutuhkan kita untuk fokus. Ketika terlibat dalam tugas-tugas yang membutuhkan kefokusan, multitasking adalah hal yang mustahil. Saat pekerjaan tersebut membutuhkan pikiranmu hal ini tidak dapat dilakukan secara bersamaan, ini hanya akan membuatmu hilang konsentrasi. Tentunya ini akan memperlambat pekerjaanmu. Fokuslah pada satu pekerjaan sampai selesai, kemudian kerjakan pekerjaanmu berikutnya, ini akan membuatmu lebih produktif.

Buatlah jadwal. Jika kamu memiliki beberapa hal yang harus dilakukan, buatlah jadwal dimasing-masing tugas dalam beberapa waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikannya, cara ini dapat membuatmu tetap fokus. Jika merasa khawatir kehilangan waktu dan tidak dapat menyelesaikan semua tugas, gunakan alarm untuk membantumu.

Fokus pada satu hal. Tidak semua tugas memiliki beban yang sama dan setiap tugas tidak sama pentingnya. Prioritaskan tugas yang memiliki beban dan kepentingan tinggi.

Matikan pemberitahuan termasuk dering pada ponselmu. Dering ponsel dapat mengalihkan fokusmu dan tergoda untuk mengeceknya.

Memakai headphone. Jika kamu tipe orang yang senang bekerja sambil mendengarkan musik, kamu dapat menggunakan headphone untuk mendengarkan musik. Headphone dapat menghilangkan semua kebisingan, seperti suara kendaraan, mesin fotokopi, dan gangguan lainnya yang terjadi di kantormu. Biarkan rekan kerjamu tahu bahwa mereka tidak boleh mengganggumu ketika sedang memakai headphone kecuali jika keadaan darurat.

Demikian tips untuk meningkatkan fokus agar tetap produktif dalam bekerja. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *